Jet Tempur Rusia Jatuh di Suriah

Wikimedan – Klasifikasi militan jaringan Al Qaeda dilaporkan menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia pada Sabtu, 3 Februari 2018, di Suriah.

Diberitakan dari Time.com pada Pekan (4/2/2018), penerbang jet tempur tewas ditembaki oleh militan terkait sesaat setelah mendarat darurat di barat laut provonsi Idlib.

Menurut pantauan otoritas Suriah, penerbang malang tersebut ditembak sebanyak 10 kali sebelum alhasil tewas.

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi jet tempur yang ditembak itu berjenis Su-25, dan pilotnya dinyatakan tewas dalam pertempuran dengan teroris.

Stasiun TV Zvezda di Rusia melaporkan indikasi jet tempur terkait jatuh oleh misil udara yang ditembak dari salah satu kawasan kekuasaan Al Qaeda di Suriah.

Menurut laporan institusi Perhatikan HAM Suriah, jet tempur Rusia itu ditembak jatuh pada Sabtu sore di dekat kawasan perselisihan di kota Sarqeb, di mana pasukan pemerintah Suriah tengah berupaya merebutnya dengan bantuan serangan udara Rusia.

Rusia ialah sekutu kunci Presiden Bashar Assad, dan telah melancarkan kampanye militer atas nama pasukannya di Suriah sejak 2015.

Setelahnya, pasukan Suriah malahan sukses merajai kembali sebagian luas kawasan negara itu, dan dalam sebagian pekan terakhir memperlihatkan pelaksanaan positif dalam merebut provinsi Idlib. Provinsi ini ialah salah satu basis utama Al Qaeda di Suriah dan sebagian klasifikasi Islam garis keras lainnya.

Salah seorang pasukan militan yang tidak berkeinginan disebutkan namanya, berkata terhadap kantor info Associated Press (AP), bahwa penerbang Rusia lebih dahulu menembaki kawasan terkait, sehingga memicu serangan balik dari darat.

Sebuah video yang beredar luas di media sosial memperlihatkan sesosok jasad pria — diduga kuat penerbang Rusia yang ditembak jatuh — wajahnya dipenuhi darah, dan sebagian pria bersenjata berdiri mengitarinya. Salah seorang pria bersenjata tersebut berteriak: “Ia ialah (orang) Rusia!”

Tetapi, dari siapa sumber video tersebut beredar, belum dapat dikonfirmasi pasti sampai dikala ini.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *