Inilah yang Akan Terjadi Jika Kamu Rutin Mengkonsumsi Kacang-Kacangan 2x Dalam Seminggu

 

manfaat mengonsumsi kacang

Image by: all-notes.com

Wikimedan – Cemilan apakah yang menjadi favorit anda? Mulai sekarang cobalah mengganti dengan camilah sehat yang baik untuk tubuh, misalkan saja kacang-kacangan .

Sebuah penelitian membuktikan, apabila mengkonsumsi satu genggam kacang 2x dalam seminggu mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Penelitian ini melibatkan sekitar 200.000 orang lebih. Banyak di antara mereka mengikuti lebih dari 3 dekade. Penelitian tersebut menemukan sebuah fakta menarik, jika jenis makanan ringan ini mampu mencegah penyakit berbahaya yang menjadi musuh utama bagi manusia di dunia.

Seseorang yang terbiasa mengemil kacang almond, kenari, kacang mete, kacang tanah, pecan, pistachio,dan hazelnut menunjukkan hasil yang sangat baik dibandingkan responden yang tidak pernah atau jarang memakannya.

Mereka yang sudah terbiasa mengkonsumsi salah sau jenis kacang-kacangan tersebut minimal 2x dalam seminggu,  berhasil menurunkan 15% – 23% resiko terkena penyakit kardiovaskular atau jantung koroner.

Mengkonsumsi kacang kenari minimal 1x atau lebih dalam seminggu juga berhasil mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan jantung masing-masing 19% dan 21%.

Sudah sejak lama kacang dikenal sebagai “ makanan super ”, hal ini dikarenakan banyaknya kandungan protein, antioksidan, serat tinggi, mineral, dan nutrisi.

“ Temuan kami mendukung anjuran untuk meningkatkan asupan aneka jenis kacang, sebagai bagian pola diet sehat, untuk menurunkan resiko penyakit kronis kebanyakan, “ tutur penulis utama seorang ahli gizi Harvard Univesrsity di Boston, Dr Martha Guasch-Feree. Seperti yang dilansir dari situs Epress.

Analisis dalam skala lebih besar mengungkapkan bagaimana hubungan konsisten antara penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular terhadap jumlah kacang yang dikonsumsi.

Mereka yang mengkonsumsi 5 porsi kacang atau lebih dalam seminggu, mempunyai 20 % resiko terkena penyakit jantung koroner lebih rendah dan menurunkan 14% resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi kacang-kacangan seseorang mampu menurunkan resiko terkena stroke.

Dari semua penjelasan diatas, kita bisa mengetahui betapa besarnya manfaat mengkonsumsi kacang-kacangan minimal 2x dalam seminggu. Beberapa penyakit kronis mampu diatasi dengan baik, asalkan kita rutin mengkonsumsinya.

Itulah sedikit keterangan tentang mengkonsumsi kacang-kacangan . Semoga artikel ini bermanfaat

Facebook Comments

Silahkan komentar