Ini Dia Bahaya Tidur Tengkurap Terhadap Leher dan Tulang Punggung

Wikimedan – Ini Dia Bahaya Tidur Tengkurap Terhadap Leher dan Tulang Punggung

Banyak sekali orang yang tidur dengan posisi tengkurap, mampu menjadikan tidurnya terasa lebih nyaman dan nyenyak.

Namun dibalik itu semua, ternyata ada efek samping yang cukup merugikan kesehatan tubuh akan anda rasakan jika terlalu sering tidur tengkurap.

Sehingga tidak heran apabila sewaktu bangun tidur tiba-tiba saja punggung dan leher terasa sakit. Sendi-sendi juga menjadi kaku, akibat salah posisi saat tidur.

Ketika malam hari, anda bisa saja terbangun dan cenderung merasa lelah. Oleh sebab itu, di pagi hari, ketika anda bangun tidur badan pasti akan merasa sakit-sakit.

Para ahli mengungkapkan, jika posisi tidur dengan tengkurap bisa memberi tekanan pada tulang belakang dan punggung anda. Tidak hanya itu saja, posisi ini juga akan membuat leher merasa tidak nyaman dan merasa sangat nyeri.

Posisi tengkurap juga bisa mengganggu waktu istirahat tulang belakang. Karena bagaimanapun, ketika tidur seluruh anggota tubuh seharusnya bisa bebas bergerak.

Di bagian tulang belakang bisa memicu tekanan yang cukup berlebihan. Terlebih lagi jaringan pipa pada saraf, membuat tidak nyaman dan rasa sakit.

Tidak cukup sampai disitu saja, ketika bangun tidur tubuh juga akan mengalami kesemutan. Tubuh menjadi mati rasa dan membuat anda semakin merasa tidak nyaman.

Seseorang yang selalu tidur tengkurap, dalam jangka panjang bisa memicu terjadinya disk hernia. Kondisi ini bisa saja membuat cakram gelatin di antara vertebra pecah. Ketika gel ini menonjol keluar cakram, maka bisa membuat saraf iritasi.

Terlebih lagi bagi ibu hamil, maka anda harus lebih hati-hati dan menjauhi kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap. Kehamilan anda bia terganggu, karena posisi pertu yang berada di bawah tekanan  tubuh anda.

Melansir dari laman Boldsky, sebaiknya anda memposisikan tubuh miring ketika tidur. Posisi seperti ini tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak, namun juga memiliki banyak sekali manfaat.

Meskipun efek buruk tidur tengkurap sudah banyak dikemukakan oleh para peneliti, namun masyarakat masih banyak juga yang melakukan salah satu kesalahan saat tidur ini. Itulah sedikit tentang Bahaya Tidur Tengkurap Terhadap Leher dan Tulang Punggung . Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke yang lain ya.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar