Ingin Mengontrol Kadar Asam Urat di Dalam Tubuh?, Coba Terapkan 4 Hal Sederhana Ini

Wikimedan – Ingin Mengontrol Kadar Asam Urat di Dalam Tubuh?, Coba Terapkan 4 Hal Sederhana Ini

Asam urat tinggi bisa memicu masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ ginjal. Oleh karena itu, sejak dini kita harus mencegahnya supaya tak memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sebenarnya, cara mencegah asam urat tinggi itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Dari sekian banyak cara, salah satunya dengan menerapkan pola makan yang sehat setiap hari.

Ada beberapa jenis makanan yang kita anggap tidak berbahaya, ternyata mampu memicu naiknya kadar asam urat. Terlebih lagi ketika kita mengkonsumsi olahan tinggi lemak dan tinggi kolesterol.

Mengutip laman Livestrong, berikut ini adalah beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mencegah tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

  1. Jauhi minuman beralkohol

Minuman yang memiliki kandungan alkohol mampu memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh. Maka dari itu, sebisa mungkin jauhi minuman jenis ini. Begitu juga wine, anda tidak boleh meminumnya karena bisa mengganggu metabolisme tubuh.

  1. Penuhi asupan air putih

Cara paling efektif untuk menjaga keseimbangan badan adalah dengan mencukupi minum air putih. Ketika anda minum cukup air putih setiap hari, maka berbagai macam penyakit bisa dihindari. Salah satunya adalah asam urat ini.

Air putih menawarkan jutaan khasiat yang luar biasa bagi tubuh, sehingga sangat rugi jika anda sampai melewatkan minum air putih setiap hari.

  1. Diet

Untuk mengendalikan kadar asam urat di dalam tubuh agar tetap normal, sebaiknya anda mengindari aneka makanan yang mengandung tinggi purin. Yaitu zat kimia yang bertanggung jawab dalam menciptakan asm urat pada ginjal.

Contohnya batasilah konsumsi daging merah, biji-bijian, jeroan dan seafood yang mengandung tinggi purin.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa sayuran yang sebaiknya juga dihindari penderita asam urat tinggi. Seperti kembang kol, jamur, kacang polong, dan asparagus.

  1. Rutin mengkonsumsi buah berry

Seorang peneliti di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar kita rutin mengkonsumsi buah strawberry, blueberry, dan ceri.

Hal ini dikarenakan, kandungan bromelain yang terdapat di dalamnya. Kandunga ini bersifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pada pencernaan dan mengontrol kadar asam urat.

 

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *