Cara Melaporkan Video Terorisme Di Youtube

Wikimedan.com – Cara Melaporkan Video Terorisme Di YoutubeBeragam konten bisa dibagikan lewat internet, baik foto maupun video, tapi tidak semua konten layak untuk dibagian terutama konten yang berkaitan dengan terorisme. Alasannya karena konten tersebut tidak hanya tergolong konten negatif, tapi juga menebar rasa takut.

Meskipun begitu, tetap ada saja pengguna internet yang mengunggahnya ke layanan video seperti YouTube yang bisa diaskes siapapun. Google sebetulnya juga sudah menyediakan fitur untuk membantu membuat laporan apabila menemukan video berkonten negatif, terutama terorisme.

Dilansir dari Medcom.id,  berikut cara untuk melaporkan video mengandung konten terorisme. Langkah yang Anda lakukan tentu saja menjadi kontribusi positif untuk menciptakan kondisi yang lebih baik di dunia maya sekaligus dunia nyata.

1. Cari tombol opsi Report

Saat Anda menemukan konten video yang berisi konten terkait terorisme, Anda cukup tap video yang sedang berjalan hingga muncul ikon-ikon di atas tampilan video tersebut.

Lalu pilih ikon berupa tiga titik yang tersusun vertikal dan terletak di sudut kanan atas video. Nantinya, Anda akan disajikan sebuah kotak berisi beberapa opsi yang salah satunya adalah opsi Report untuk melaporkan video yang kontennya dianggap negatif, pilih opsi tersebut

2. Memilih laporan kategori konten negatif

Setelah Anda melakukan langkah pertama, Anda akan disajikan halaman berisi beberapa kategori konten negatif yang bisa Anda pilih, dalam kasus ini pilih opsi kategori promote terrorism yang ditujukan untuk video yang berkaitan dengan unsur terorisme.

Apabila video tersebut mengandung konten kekerasan, misalnya menampilkan jenazah korban sebuah peristiwa berdarah, Anda juga bisa melaporkannya lagi dengan melakukan langkah pertama lalu memilh kategori violent, atau kekerasan.

3. Buat laporan lebih detil

Tidak sampai disitu saja, setelah Anda memilih kategori konten negatif Anda juga harus mengisi kolom alasan konten tersebut termasuk konten negatif atau membuat deskripsi pada detil dan menit keberapa.

Anda cukup memberikan informasi yang singkat dan jelas, tidak perlu panjang, yang nantinya akan membantu pihak YouTube untuk menyelidik konten tersebut dan segera menghapus video tersebut dari layanan YouTube termasuk layanan Google sehingga tidak akan bisa ditemukan oleh pengguna internet.

 

Itulah beberapa Cara Melaporkan Video Terorisme Di Youtube , semoga bermanfaat.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *