Bitcoin Wallet Terpercaya, Cara Membuat, dan Fungsinya

Wikimedan – Digital Currency , Sebuah kemudahan dalam bertransaksi, melakukan investasi, maupun menambah penghasilan menggunakan Bitcoin saat ini tengah menjadi pembicaraan bahkan menjadi tren. Meskipun memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, nyatanya pengguna bitcoin masih meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan harga koin bitcoin hingga banyaknya wallet diciptakan untuk menampungnya.

Cryptocurrency dan Kebutuhan akan Bitcoin Wallet

Saat ini tidak hanya Bitcoin saja yang bisa digunakan dalam transaksi dan investasi digital. Beberapa cryptocurrency lainnya juga menjadi sorotan seperti Ethereum, Ripple, dan sebagainya. Jika anda ingin menambah saldo Bitcoin, anda bisa melakukan berbagai cara seperti mining, faucet, maupun exchanger.

Cara mining dilakukan dengan menggunakan software atau hardware tertentu. Mining maksudnya adalah memperoleh koin digital dengan memecahkan kode-kode biner dalam pemrograman. Orang biasa menyebut mining sebagai pertambangan. Faucet adalah cara termudah, yaitu dengan memanfaatkan event bagi-bagi koin gratis (airdrop), biasanya pengguna diharuskan melakukan beberapa hal sebelum mendapatkan koin gratis.

Cara yang terakhir adalah exchanger. Di cara ini resiko sangat besar daripada cara sebelumnya. Yaitu dengan pertukaran mata uang digital melalui beberapa marketplace atau menjual dan membeli koin berdasarkan analisis grafik harga koin.

Jika sudah mendapatkan koin lantas kemana koin-koin digital ini disimpan? Kalau begitu anda membutuhkan Bticoin Wallet atau dompet yang bisa menyimpan aset digital anda. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi, cara membuat atau mendapatkan, dan beberapa list dompet yang bisa anda gunakan.

Fungsi Bitcoin Wallet

Bitcoin wallet atau dompet bitcoin ini memiliki fungsi yang sama dengan dompet pada umumnya. Jika anda memiliki uang, maka anda pastinya membutuhkan wadah untuk menampung uang-uang ini. Baik dalam bentuk dompet maupun rekening. Perbedaannya adalah dompet bitcoin berbentuk digital sehingga penggunaannya pun secara elektronik dan menggunakan jaringan internet.

Saat ini sudah banyak tersedia layanan dompet untuk mata uang digital. Tidak hanya di PC, anda bisa memilikinya di android, web, dan lain sebagainya. Dompet ini memiliki kemanan sangat tinggi, berkurang atau bertambahnya saldo di dompet digital anda ini bergantung pemiliknya yaitu anda sendiri. Dengan kata lain, anda sebagai pemilik bebas mengatur dan memanfaatkan saldo di dompet anda.

Pencairan saldo digital dari dompet tersebut tetap menggunakan jasa bank, terutama untuk dompet-dompet yang berasal dari penyedia Indonesia. Beberapa penyedia menggunakan sistem yang hampir sama dengan sistem trasaksi antar bank. Namun anda biasanya harus menunggu dalam waktu tertentu agar sampai pencairan beres.

Cara Membuat Bitcoin Wallet

Jika anda termasuk salah satu pengguna mata uang digital, anda tentu sudah menguasai betul bagaimana cara membuat atau mendapatkan dompet bitcoin tersebut. Namun bagi anda yang baru ingin mencoba, terlebih dahulu pastikan anda sudah menguasai teori-teori dasar tentang cryptocurrency dan hal-hal yang menyangkut transaksi dan investasi digital mengingat sifatnya yang sangat riskan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan Bitcoin wallet? Cara cukup mudah. Pertama-tama anda pilih web penyedia dompet digital ini. Pastikan track recordnya baik dan memiliki server yang bagus. Setelah itu langsung mendaftar ke web tersebut. Anda akan disuruh memasukkan beberapa data termasuk nomor rekening dan nomor identitas seperti KTP. Tunggu konfirmasi dan isilah saldo dompet anda untuk memulai aktivitas di marketplace.

Dompet ini biasanya bisa anda cek melalui hp android jika web menyediakan aplikasi khusus untuk android. Dalam aplikasi khusus untuk android ini terdapat beberapa fitur yang memudahkan pengguna seperti user interface yang human friendly, alarm untuk menandai kapan terjadi drop value, dan sebagainya. ada juga fitur yang memaparkan harga koin dari beberapa marketplace, jadi memudahkan pengguna melakukan exchange.

Dalam melakukan pembayaran menggunakan bitcoin, dua hal penting yang harus ada adalah jumlah bitcoin yang digunakan dan alamat dompet anda. Alamat ini hampir sama dengan nomor rekening bank, bedanya alamat ini terdiri dari angka dan huruf, biasanya terdiri dari 26 hingga 35 digit kode. Untuk keamanan dan kemudahan transaksi biasanya alamat dalam bentuk QR code, bisa di temukan di aplikasi dompet bitcoin.

Bitcoin Wallet Terpercaya

Pencarian di Search Engine tentang bitcoin wallet akan memunculkan banyak sekali pilihan. Tentu ini akan membingungkan apalagi jika anda masih pemula dan belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemilihan dompet tidak boleh asal-asalan. Perlu diketahui fitur, kemudahan, juga keamanannya. Oleh karena itu berikut ini dipaparkan beberapa list dompet bitcoin yang populer dan terpercaya.

  1. Wallet Blockchain.com

Inilah bitcoin wallet nomor satu di dunia, wallet pertama yang menampung koin digital. Bedanya dengan wallet yang lain adalah, blockchain.com hanya bisa digunakan untuk menerima dan mengirim Bitcoin. Karena menjadi wallet pertama, blockchain.com ini dijadikan referensi sekaligus rujukan wallet lain yang ada di dunia, termasuk Indonesia.

  1. Wallet dari Indodax.com ( dahulu Vip.Bitcoin.co.id )

Indodax / Vip Bitcoin merupakan marketplace bitcoin di Indonesia yang sangat populer. Memiliki fitu keamanan ganda dengan memanfaatkan teknologi Google Authenticatior. Selain itu vip memungkinkan kemudahan pengguna dalam bertransaksi bank lokal di Indonesia atau exchange antar koin dalam marketplace luar.

Listing koin yang ada telah disortir sehingga memungkinkan pengguna terhindar dari koin baru yang tidak terpercaya. Harga koin terdaftar dalam bentuk rupiah dan BTC (bitcoin). Anda bisa langsung mengetahui saldo dompet melalui kolom paling atas website.

  1. Wallet dari Luno.com

Luno bisa dibilang merupakan wallet baru di Indonesia. Meskipun begitu sudah banyak pengguna Luno yang tersebar di Indonesia. Alasannya adalah karena memberikan pelayanan yang sangat baik. Luno dapat diakses di PC maupun handphone, sehingga mendukung mobilitas pengguna. Selain itu pengguna bisa menarik dan menyimpan uang menggunakan Luno dalam bentuk rupiah melalui bank lokal.

  1. Wallet dari Xapo.com

Wallet selanjutnya yaitu Xapo.com. Xapo juga memiliki fitur yang sama dengan wallet sebelumnya namun ia menerima transaksi dengan kartu debit. Namun jika anda ingin transaksi menggunakan ATM, Xapo hanya menerima ATM bank yang sudah menggunakan Visa atau terdapat logo master card dan cirrus.

  1. Wallet dari Coinbase.com

Coinbase adalah wallet yang juga banyak dipilih oleh user. Fasilitasnya hampir sama dengan Xapo namun koin-koin yang bisa ditampung lebih banyak, seperti ETH (Ethereum) dan LTC (Litecoin). Namun wallet ini tidak memungkinkan penarikan ke dalam rupiah.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar