Apa Saja Gejala Rheumatoid Arthritis RA

Wikimedan – Gejala pertama dari rheumatoid arthritis yang biasanya terjadi adalah pembengkakan dan kekakuan di pagi hari atau merasakan sakit secara umum pada sendi.

Sekitar 90 persen area pertama yang biasanya terkena rheumatoid arthritis pada perempuan adalah kaki dan tangan.

Rheumatoid arthritis (RA) sering memengaruhi pergelangan tangan dan sendi jari yang paling dekat dengan telapak tangan, serta sendi di leher, rahang, bahu, siku, pinggul, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.

Setiap sendi pada tubuh bisa menjadi sasaran dari RA.

Peradangan bisa menjalar pada seluruh tubuh yang menyebabkan demam ringan, seperti flu, nyeri tubuh, dan perasaan yang tidak enak.

Anda juga bisa kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan merasa seperti tidak memiliki energi. Kelelahan adalah gejala yang sangat umum dari RA dan pertama mungkin muncul di sore hari.

Kelelahan bisa jadi merupakan gejala anemia, yang sering menyertai RA. Peradangan dapat memengaruhi produksi kelenjar air mata dan kelenjar air liur, sehingga Anda akan mengalami kekeringan pada mata dan mulut.

Anda bisa mengalami nyeri dan kaku pada otot setelah duduk atau berbaring di satu posisi untuk waktu yang lama. Terkadang depresi juga menyertai penyakit RA.

Pada awalnya, gejala-gejala ini tidak akan terasa secara signifikan. Seringkali perempuan akan mengeluhkan ke dokter tentang nyeri sendi yang dialaminya yang disertai bengkak pada tangan.

Sekitar seperempat jumlah perempuan yang menderita RA akan mengalami benjolan yang disebut nodul rheumatoid. Nodul rheumatoid sebenarnya merupakan akumulasi sel-sel abnormal yang muncul di bawah kulit.

Nodul ini sering muncul pada area yang sering mendapat tekanan seperti siku. RA merupakan penyakit sistemik, sehingga nodul bisa muncul di tempat lain seperti mata, jantung, dan paru-paru. Nodul ini sangat merusak dan menganggu dimanapun mereka muncul.

Anda mungkin baru menyadari dan merasakan gejala-gejala RA yang memburuk pada musim dingin dan semakin membaik pada cuaca yang lebih hangat.

Rheumatoid arthritis harus mendapatkan perawatan serta pengobatan secepat mungkin sebelum semakin memburuk.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar