7 Dampak Negatif Terlalu Lama di Depan PC / Laptop Komputer


Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang sedang booming dan banyak digunakan saat ini. Hal ini dikarenakan komputer mampu menyelesaikan dan membantu tugas manusia seperti tugas sekolah, kuliah, kantor, maupun tugas pekerjaan. Karena jasa inilah komputer atau biasa yang lebih sering disingkat dengan pc ini selalu dibuka dan jarang sekali orang yang tidak pernah membukanya.

7 dampak negatif terlalu lama bermain pc laptop komputer

7 Dampak Negatif Terlalu Lama di Depan PC / Laptop Komputer

Ketika kita bermain komputer pasti terkadang kita mengalami punggung sakit, leher pegal, mata perih dan banyak lagi keluhan yang lainnya. Ini bukan tanpa sebab karena memang di depan komputer terlalu lama bisa menjadikan badan sangat lelah dan bisa juga berdampak baik dan buruk bagi tubuh kita.

Dampak negatif dan dampak positif nya sudah jelas lebih banyak dampak negatif nya. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan apa saja dampak negatif terlalu lama bermain di depan komputer bagi kesehatan silahkan simak penjelasannya berikut ini ya.

7 Dampak Negatif  Terlalu Lama di Depan PC / Laptop Komputer

#1. Mengalami Gangguan Tulang Belakang

Saat kamu bermain di depan komputer tentu saja akan mencari tempat atau posisi yang rileks agar saat bermain komputer lama badan kita akan tetap rileks dan tidak pegal pegal. Namun tahukah anda bahwa ada orang yang hanya mementingkan rileksnya saja tanpa memikirkan dampak negatifnya bagi kesehatan sehingga asal asalan saat menentukan posisi duduknya. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi kesehatan kita bisa menyebabkan gangguan pada tulang belakang karena posisi duduk yang salah dan berkepanjangan.

Karena tanpa anda sadari mungkin selama ini posisi duduk yang sering dilakukan justru mengakibatkan tulang mengalami gangguan sperti bengkok ke kanan atau ke kiri atau justru membungkuk. Maka hal ini jika dibiarkan akan berbahaya. Oleh karena itu dari sekarang coba perhatikanlah posisi duduk kalian.

 

#2. Mata akan Mengalami Gangguan

Jika mata kalian akan terganggu karena terlalu lama di depan komputer hal itu sudah tidak asing lagi karena memang dampak yang paling utama saat kalian terlalu lama di depan komputer yaitu akan mengakibatkan mata menjadi lelah, perih, dan berair.

Pada awalnya mungkin kalian akan berpikiran bahwa hal ini baik baik saja namun tanpa kalian sadari jika mata yang lelah ini diteruskan dan tidak pernah diobati maka lama kelamaan mata lelah akan bisa mengakibatkan mata minus.

Jika mata anda sudah mulai lelah sebaiknya mengistirahatkan mata saat bekerja itu hal yang sangat dianjurkan. Melihat pohon atau lingkungan sekitar selama 10 sampai 15 menit itu bisa menjadikan mata menjadi lebih rileks dan tidak terlalu lelah.

 

#3. Mengakibatkan Serangan Jatung

Mengapa duduk terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan jantung ? hal ini karena di dasarkan oleh penelitian para ahli dari london yang menyimpulkan bahwa resiko seseorang mengalami penyakit jantung karena terlalu lama di depan komputer yaitu sebesar 67%. Hal ini di dasarkan karena seseorang yang terlalu lama duduk akan mengakibatkan kinerja jantung menjadi tidak lancar sehingga penyakit serangan jantung pun akan lebih cepat mengenai tubuh.

 

#4. Mengalami Kegemukan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya jika badan tidak pernah bergerak maka lemak yang ada di dalam tubuh pun tidak akan berubah menjadi energi. Maka lemak akan tertimbun dan jika lemak tertimbun otomatis badan pun akan mengalami kegemukan bahkan lebih parahnya bisa obesitas.

 

#5. Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa terjadi karena badan yang tidak sering bergerak. Jika seseorang terlalu lama di depan komputer otomatis badan akan pasif bukan ? hal inilah yang menjadikan badan sangat tidak sehat jika terus menerus di depan layar komputer.

Efek dari penggumpalan darah yang dibiarkan adalah gumpalan tersebut lama kelamaan akan mampu menghambat pembuluh darah dan pembuluh pun bisa pecah tentu hal ini sangat membahayakan.

 

#6. Terkena Radiasi Listrik

Komputer merupakan alat elektronik yang tentunya akan bekerja jika di aliri oleh aliran listrik. Jika kalian sering di depan komputer terus menerus otomatis paparan listrik akan terus mengenai tubuh kita dan tentu ini bukanlah hal yang baik dalam dunia kesehatan.

 

#7. Mengalami Sakit Kepala
Selain mata yang gampang lelah sakit kepala juga merupakan salah satu dampak yang paling dirasakan dan dikeluhkan oleh banyak orang. Sebenarnya akibat sakit kepala yaitu karena terkena cahaya komputer yang terlalu sering atau sering disebut dengan cahaya flourescent cahaya ini memang tidak akan berdampak pada orang yang baru baru atau masih jarang bermain komputer namun akan berdampak pada orang yang sudah lama bermain komputer atau bisa dibilang telah mengalami dampak komputer yang berkepanjangan.

Jika semua dampak diatas sudah kalian rasakan maka sebaiknya segera kurangi waktu anda saat berada di depan komputer atau laptop karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang mungkin akan menyebabkan hal ynag parah. Demikian artikel mengenai 7 Dampak Negatif Terlalu Lama di Depan PC / Laptop Komputer Semoga bermanfaat dan semoga membantu!



Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *