4 Tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Wikimedan – 4 Tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Minuman yang dibuat dengan bahan dasar kopi memang disukai oleh semua orang. Daya tarik utama dari minuman yang terbuat dari biji kopi ini adalah rasanya yang pahit asam. Sehingga tidak heran apabila semakin banyak kedai kopi, dengan aneka menu kopi yang ditawarkannya.

Namun sayangnya, beberapa orang dengan kondisi tertentu harus mengurangi hobinya minum kopi karena menjadi pantangan, salah satunya adalah penderita diabetes.

Peneliti dari Wake Forest University School of Medicine di North Carolina berhasil menemukan jika kafein mampu mengurangi aliran darah yang menuju ke otak.

Dalam riset tersebut, mereka menemukan jika konsumsi kafein setiap hari, khususnya bagi penderita diabetes,  mampu menimbulkan aliran darah pada bagian serebral otak menurun hingga 27%.

Kendati demikian, penderita diabetes sebenarnya masih diperbolehkan untuk minum kopi dengan beberapa aturan dan takaran yang pas. Berikut ini adalah tips minum kopi yang sehat dan aman bagi penderita diabetes.

1.Rutin mengecek kadar gula darah

Meskipun diperbolehkan minum kopi, namun setiap hari anda harus tetap memantau kadar gula darah. Hal ini dilakukan sehabis minum kopi, sebab kopi dapat mempengaruhi glukosa dalam darah.

Dengan memantau kadar gula darah, maka anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk minum kopi.

  1. Mengganti topping

Bagi anda yang suka menggunakan creamer, mulai sekarang batasilah jumlah pemakaiannya, sebab di dalam satu sendok kreamer terkandung 20 – 30 kalori. Daripada menggunakan creamer tinggi kalori, sebaiknya  anda mengganti dengan susu bebas lemak ataupun tidak menggunakan topping saja.

  1. Gunakan pemanis khusus diabetes

Sebagian orang menyukai kopi yang manis. Namun, kopi dan gula adalah kombinasi yang sangat berbahaya untuk penderita diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, anda harus pintar dalam menyeimbangkan kopi dan pemanis yang akan anda gunakan.

Alternatif terbaiknya adalah menggunakan gula khusus bagi penderita diabetes untuk menambah rasa manis pada kopi anda.

  1. Perhatikan dan batasi kapan waktu terbaik minum kopi

Mengurangi jumlah konsumsi kopi hingga satu cangkir dalam sehari bisa membantu mengontrol diabetes. Perhatikanlah waktu yang tepat untuk minum kopi. Semisal, anda dapat minum setengah cangkir setelah bangun tidur, dan setengah cangkir lagi ketika sore hari. Itulah beberapa tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat Bagi Penderita Diabetes. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *