4 Bahaya yang Akan Menyerang Tubuh Jika Konsumsi Minuman Berenergi Secara Berlebihan

WikimedanMinuman berenergi dipercaya mampu membangkitkan stamina tubuh seseorang dengan cepat. Ternyata, ada beberapa bahaya di balik minuman berenergi, yang harus diwaspadai.

Biasanya minuman berenergi dikonsumsi setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup menguras banyak tenaga. Misalnya olahraga berat, mengerjakan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Sebuah tinjauan baru terhadap pengetahuan ilmiah terkini tentang minuman energi telah menemukan, seseorang yang selalu mengonsumsi minuman itu dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental, peningkatan tekanan darah, obesitas dan kerusakan ginjal juga.

Terlebih lagi jika anda mencampurkan alkhol dan minuman berenergi, lalu meminumnya secara bersamaan. Hal ini bisa memicu kematian serius.

Para ahli mengungkapkan jika di dalam minuman energi terkandung kafein, gula, air, mineral, vitamin tertentu dan stimulan non-nutrisi. Misalnya ginseng, taurine, dan guarana.

Bahkan, beberapa minuman juga memiliki kandungan kafein sebanyak 100 mg per ons, hal ini berarti 8x lipat lebih banyak dibandingkan kafein dalam kopi yang hanya 12 mg.

Melansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang akan dialami ketika minum minuman berenergi dalam jumlah berlebihan.

  1. Diabetes

Banyak penelitian yang mengungkapkan, konsmsi minuman berenergi juga dapat meningkatkan resistensi insulin, disamping naiknya kadar gula darah. Dengan efek samping seperti ini, seseorang mempunyai risiko terkena diabetes tipe-2 yang sangat besar dan fatal dampaknya.

  1. Sakit kepala

Di dalam minuman berenergi, terkandung banyak sekali pemanis buatan. Jika anda mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak, hal ini bisa saja memicu terjadinya migrain atau sakit kepala.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda menjauhi konsumsi minuman berenergi supaya tubuh tetap berstamina dan bugar setiap waktu.

  1. Kerusakan gigi

Seperti yang sudah di jelaskan di awal, jika di dalam minuman berenergi terkandung banyak sekali kafein dan gula. Keduanya ternyata tidak hanya merusak enamel gigi, namun juga memicu gigi berlubang.

Pada akhirnya, anda akan mengalami kerusakan gigi serius dan bisa juga menimbulkan penyakit kardiovaskular.

  1. Iritasi perut

Minum minuman berenergi secara berlebihan ternyata juga bisa memicu terjadinya iritasi kulit. Lapisan perut bisa saja radang an mengalami beberapa gangguan pencernaan yang lain. Oleh sebab itu, kita harus belajar mengurangi konsumsi minuman berenergi.

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *