10 Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan

Wikimedan.com – Ketimbang lapar, di bulan puasa biasanya kita lebih mudah merasa haus. Itu sebabnya saat waktu berbuka, kita cendeung mencari minuman buka puasa yang manis dan menyegarkan. Ada banyak pilihan minuman yang bisa dibeli atau bahkan bikin sendiri. Berikut daftar minuman yang bisa anda jadikan inspirasi dan dicoba saat bulan Ramadhan.

10 Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan

  1. Es buah

Penjual es buah saat bulan puasa lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya. Campuran buah dan air manisnya menjadikan minuman buka puasa ini diincar oleh banyak orang. Selain menyegarkan dan menghilangkan dahaga, banyaknya jumlah buah di dalam satu sajian menjaikan minuman ini bernutrisi.

Membuat es buah sendiri juga cukup praktis. Anda bisa memilih buah kesukaan anda secara bebas seperti melon, buah naga, strawberi, nanas dan lainnya kemudian dipotong dadu. Setelah itu, siapkan es baru serut dalam sebuah mangkok, taruh semua buah, lalu beri air gula atau air sirop sebagai pemanis. Untuk lebih enak, bisa tambahkan kremes di bagian atasnya.

  1. Es kopyor

Es kopyor bisa menjadi es yang menggiurkan jika dilihat di siang hari pada bulan puasa. Warnanya yang merah muda dan bayangan akan lembutnya daging kelapa bisa membuat fokus anda buyar. Saat bulan puasa, minuman buka puasa ini cukup populer dan banyak penjaja yang mejualnya.

Es kopyor adalah campuran es kelapa muda yang dagingnya masih sangat lembek dan mudah hancur. Air kelapa dan kelapanya dimasak dalam api kecil kemudian ditambahkan agar-agar. Jika sudah, sajikan dengan es batu. Anda juga bisa hanya mencampur kelapa muda dengan sirup rasa cocopandan dan susu. Buka puasa anda akan terasa segar dengan meminum es kopyor ini.

  1. Es doger

Es doger menjadi minuman khas yang asalnya dari bumi Priangan, Bandung. Warnanya merah muda yang di dalamnya ada ketan hitam dan tape singkong. Sebagai hidangan untuk buka puasa, es doger rasanya nikmat karena manis pun cara membuatnya cukup mudah untuk dilakukan sendiri.

Siapkan saja santan, gula dan pewarna makanan merah lalu direbus hingga mendidih. Kalau sudah, masukan ke kulkas hingga beku. Bekuan tersebut bisa diblender hingga halus, lalu tambahkan kelapa, tape singkong dan ketan. Jika suka, tambahkan kremes atau susu kental manis di atasnya.

  1. Es dawet

Es dawet juga ddikenal sebagai es cendol, sajian minuman yang dicampurkan dengan santan rebus dan cairan gula merah. Minuman khas banjar ini enak dijadikan sebagai minuman buka puasa. Banyak penjaja yang menjualnya, tapi anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca Juga  Awas Tersedak! Ini Tips Memberikan Kismis Buat Anak Supaya Tetap Aman

Cendol atau dawet terbuat dari adonan tepung beras, sagu, daun pandan, daun suji, kapur sirih, gula dan garam. Jika adonan sudah jadi, cetak menggunakan saringan ke dalam air dingin yang diberi es. Sementara itu, masak santan hingga mendidih dan air gula merah kental. Campurkan ketiganya, sajikan dengan batu es, agar dingin dan segar.

  1. Es cincau

Cincau merupakan bahan yang mirip agar-agar, namun terbuat dari rebusan daun cincau. Umumnya, cincau terbagi dalam dua warna yaitu hitam dan hijau. Banyak yang sudah menjualnya di pasaran dalam ukuran balok-balok kecil jadi hanya dipotong-potong saja untuk menyajikannya.

Es cincau menjadi minuman buka puasa yang menyegarkan tenggorokan karena cincau digadang sebagai bahan untuk mengobati panas dalam. Anda bisa membuat cincau dengan tambahan air sirop atau es serut yang ditambah gula merah.

  1. Es blewah

Sepintas, blewah memiliki tampilan seperti labu pumpkin untuk merayakan haloween. Namun, isinya memiliki daging manis berwarna orange, rasanya mirip seperti melon. Blewah dimakan dengan cara dikerok bagian dagingnya, lalu dicampurkan dengan air limun atau dijadikan jus.

Untuk menu berbuka, blewah dihidangkan sebagai dengan air gula, dicampur sirop atau kremer. Sebagai tambahannya, ada potongan dadu cincau atau biji selasih sesuai dengan selera.

  1. Es timun suri

Di beberapa daerah timun suri menjadi primadona saat bulan puasa. Buahnya mirip seperti timun emas yang digambarkan di dongeng, besar memanjang. Daging buahnya lunak jika sudah matang, sementara kulitnya ada yang berwarna orange, hijau, maupun putih gading. Timun suri jarang ditemukan jika bukan bulan Ramadhan.

Es timun suri membuanya cukup mudah, hanya perlu mengerok bagian dagingnya saja. Kemudian, buat air sirup untuk mencampurkan timun suri. Timun suri bermanfaat untuk mengobati panas dalam, sehingga ketika memakannya tenggorokan terasa adem. Untuk campurannya, biasanya ada cincau maupun agar-agar yang sudah dipotoong-potong.

  1. Es pisang ijo

Pernahkah anda mencoba es pisang ijo? Es khas daerah Makassar Sulawesi Selatan ini menjadi populer karena rasanya manis dan segar. Yang membuat es ini berbeda adalah adanya buah pisang yang dibalut kulit seperti kulit dadar gulung yaitu berwarma hijau. Pisang akan dipotong-potong dan diberikan pemanis seperti sirop sebelum disajikan.

Baca Juga  5 Jenis Aborsi yang Perlu Anda Ketahui di Tiap Usia Kehamilan

Cara membuatnya mudah sekali. Bagian kulit dibuat dari adonan terigu, santan, tepung beras, gula dan pewarna alami dari pandan atau daun suji. Adonan tersebut dikukus terlebih dahulu kemudian dibuat seperti lembaran untuk menyelimuti pisangnya.

Untuk tambahan flanya, mirip seperti membuat bubur sumsum yaitu tepung beras, garam, santan dan gula. Masak hingga flanya halus dan mengental.

  1. Es rumput laut

Rumput laut adalah bahan untuk membuat minuman menyegarkan yang cocok dijadikan bukaan puasa. Bahan ini umumnya dijual di pasaran dalam satuan kilo atau ember kecil, namun tak banyak yang menjual ini karena rumput laut dijadikan industri agar-agar. Rumput laut tepat dijadikan minuman saat berbuka puasa dengan dipadukan bahan lain.

Untuk membuat es rumput laut, sediakan rumput lain yang masih segar, bisa berwarna hijau atau putih. Pastikan sudah dicuci terlebih dahulu dan masih kaku atau tidak layu. Potong-potong rumput laut jika ukurannya masih panjang. Campurkan ke dalam segelas limun yang sudah diberi potongan cincau, selasih atau buah-buahan lainnya sesuai selera.

  1. Es teler

Siapapun sudah tidak asing dengan es teler. Dulu es teler dikenal dengan serutas es batunya yang diserut dengan serutan putar, lalu diberi pemanis seperti sirup di bagian atasnya. Namun kini, es teler sudah bervariasi seperti ditambah buah dan juga campuran santan.

Untuk membuatnya, pertama kali ialah buat santan matang yang dicampur daun pandan agar wangi. Setelah itu, siapkan semangkuk es serut dan buah-buahan yang anda suka dalam bentuk dadu atau ukuran kecil. Siramkan santan matang, lalu tambahi air gula atau sirop cocopandan. Jika suka, tambahkan susu kental manis, lalu sajikan.

Berbagai menu minuman buka puasa di atas mudah dibuat bagi anda yang bosan untuk membeli di luar. Selain bahannya sederhana, anda bisa mendapatkan minuman yang memenuhi selera anda. Selamat bereksperimen!

Komentar
Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

3 tanggapan untuk “10 Minuman Buka Puasa yang Menyegarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *