Waspada, Flu Pada Anak Bisa Akibatkan Kematian

Wikimedan.com, Meskipun bukan tergolong penyakit yang berat, namun flu bisa menjadi penyakit berbahaya bila dibiarkan begitu saja, apalagi pada musim pancaroba. Tak hanya pada orang dewasa, flu juga bisa terjadi pada anak-anak. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) melaporkan, pada tahun 2012-2013 flu mengakibatkan 105 anak meninggal dunia. Hampir 90 persen  anak-anak yang meninggal ini akibat tidak diberi vaksin, dan 40 persen di antaranya meninggal karena komplikasi akibat virus yang menyebabkan flu.

Itulah sebabnya, Anda perlu memerhatikan dengan baik gejala flu pada anak, antara lain seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala dan nyeri otot. Saat hal ini terjadi, Anda harus tetap memberikan makanan yang seimbang dan bergizi untuk membantu penyembuhan. Anda juga perlu memberikan vaksin flu pada anak di bawah usia lima tahun. Terutama pada anak yang menderita asma, penyakit paru-paru, jantung dan gangguan neurologis lain. Penyakit-penyakit ini bisa meningkatkan risiko anak terkena flu.

Vaksin flu sebaiknya diberikan sekali setiap tahun pada anak usia di bawah lima tahun. Sementara pada anak usia enam hingga delapan tahun paling tidak membutuhkan dua dosis vaksin flu dalam setahun. Hal ini dikarenakan virus influenza yang seringkali mengalami perubahan setiap waktu. Selain memberikan vaksinasi flu, Anda juga bisa mengajarkan beberapa cara sehat agar anak terhindar dari virus flu, yaitu:

1. Mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bersin, dan setelah pergi ke kamar mandi agar bakteri dan virus tidak mudah menempel di tubuh mereka.

2. Mengajarkan anak untuk menghindari batuk atau bersin ke telapak tangan anak, karena bisa menularkan ke orang lain dengan mudah saat mereka bersentuhan. Ajarkan anak untuk menutup mulut dengan lengan baju saat batuk atau bersin. Cara ini bisa mencegah bakteri masuk secara langsung ke dalam tubuh.

Baca Juga  4 Makanan yang Akan Membantu Proses Penyerapan Vitamin Lebih Cepat

3. Bersihkan lingkungan rumah, termasuk mainan, meja, tempat tidur, gagang pintu, telepon, dan kamar mandi secara rutin agar anak terhindar dari bakteri dan virus yang bisa menyebabkan flu.

4. Jauhkan anak, setidaknya sekitar 6 meter, dari orang yang sedang sakit untuk mencegah penularan virus dan bakteri flu yang menyebar di udara.

Itulah beberapa hal yg berkaitan dengan flu pada anak, untuk segera lakukan gerak cepat sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.