Wanita, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

Wikimedan – Wanita, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

Semua orang pasti merasa ngeri begitu mendengar penyakit kanker payudara, apalagi kaum wanita. Ya, sudah sejak lama kanker payudara menjadi penyakit yang ditakuti oleh kalangan wanita. Oleh sebab itu, mewaspadai penyebabnya menjadi hal yang sangat penting.

Namun sayangnya, sampai sekarang penyebab utama kanker payudara belum diketahui, sehingga usaha pencegahannya juga terasa sulit. Meskipun tidak jelas, namun kita dapat mewaspadai beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Seperti usia dan genetik.

Berikut, adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara .

  1. Rajin Olahraga

Rajin olahraga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari melancarkan sirkulasi darah, menjaga kebugaran tubuh, mengusir racun, dan masih banyak lagi. Sebuah studi mengungkapkan apabila pengidap kanker payudara yang rajin berolahraga bisa menurunkan resiko kambuh hingga 40%.

  1. Perbanyak Asupan Antioksidan

Ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung antioksidan tinggi, antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, sampai mencegah kanker payudara. Diantara makanan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah buah sirsak, apel, delima, brokoli, buah berry, dan kulit manggis.

Kulit manggis mengandung senyawa bernama xanthone yang memiliki sifat anti kanker, sedangkan buah sirsak mengandung senyawa cytotoxic yang berfungsi membunuh sel-sel kanker.

  1. Jauhi Makanan yang Tinggi Lemak Jahat

Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jahat, seperti lemak jenuh dan lemak trans bisa menyebabkan kegemukan serta meningkatkan resiko penyakit kanker payudara. Maka dari itu, sebaiknya anda menghindari jenis makanan ini.

  1. Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Kegemukan adalah salah satu faktor penyebab kanker payudara, sebab sel lemak akan melepaskan molekul sitokin yang memicu inflamasi dan turunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga kondisi seperti ini bisa meningkatkan tumbuhnya tumor di payudara dan perkembangan sel abnormal.

Baca Juga  Cara Diet Sehat dan Alami

Karenanya, kaum wanita sangat penting dalam menjaga berat badan ideal agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Pada umumnya kanker payudara mempunyai gejala yang dapat diwaspadai, seperti keluarnya darah/nanah dari puting, benjolan/ kulit menebal yang ada di sekeliling payudara, perubahan bentuk/ukuran puting, gatal/ruam di puting, munculnya pembengkakan, dan  kulit payudara berkerut.

Jika anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter agar diperiksa dan bisa memastikan adanya penyakit kanker payudara atau tidak. Itulah beberapa tindakan cara mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita. Semoga bermanfaat

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar