Wajib Tahu! 5 Kebiasaan Sehari hari yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Berita medan – Wajib Tahu! 5 Kebiasaan Sehari hari yang Ternyata Bisa Merusak Otak

kebiasaan yang bisa merusak otak

Image by: cazprezeny.azet.sk

Otak adalah salah satu organ penting untuk mendukung kerja tubuh setiap hari. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan otak sebaik mungkin.

Beberapa kebiasaan buruk seringkali kita lakukan dan ternyata bisa memicu kerusakan pada otak, diantaranya adalah makan secara berlebihan dan begadang. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak otak.

  1. Merokok

Merokok adalah aktifitas buruk yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh. Selain membahayakan paru-paru dan jantung, ternyata merokok juga bisa mengganggu kinerja otak.

Ketika anda merokok, maka hal ini bisa saja mengecilkan saraf  otak. Tidak heran, jika kebiasaan ini dianggap sebagai salah satu penyebab demensia dan alzheimer.

  1. Meninggalkan sarapan

Salah satu faktor yang memicu kenaikan berat badan seseorang adalah melewatkan sarapan. Fakta lain menyebutkan, jika melewatkan sarapan bisa mempengaruhi kesehatan otak.

Setelah malam yang cukup panjang tanpa ada asupan makanan masuk ke dalam tubuh. Setelah bangun di pagi hari tubuh tentunya memerlukan nutrisi untuk menyiapkan energi.

Melewatkan sarapan bisa memicu turunnya kadar gula darah, selanjutnya membuat pasokan nutrisi  menuju ke otak tidak memadai. Jika kebiasaan ini berlangsung lama, bisa saja menyebabkan degenerasi otak karena nutrisi penting ke otak selalu tidak terpenuhi.

Tidur dengan kepala tertutup selimut atau bantal, apalagi sampai terasa sesak, dapat mengganggu pernapasan dan asupan oksigen Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, otak membutuhkan suplai oksigen yang besar agar dapat berfungsi dengan baik.

  1. Tidur dengan kepala tertutup

Menutup kepala saat tidur menggunakan bantal atau selimut, adalah kebiasaan buruk yang bisa mengganggu asupan oksigen dan pernapasan anda, terutama menutupi kepala hingga terasa sesak.

Baca Juga  Manfaat Kelapa Parut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang anda ketahui, jika untuk berfungsi dengan baik maka otak memerlukan suplai oksigen dalam jumlah yang besar.

4.Berlebihan menggunakan ponsel

Ponsel adalah salah satu benda elegtromagnetik yang bisa memancarkan radiasi. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari pemakaian ponsel dalam waktu yang lama, diantaranya adalah menelpon. Termasuk juga menaruhnya di dekat kepala ketika tidur.

Sebuah penelitian di Swedia menemukan fakta jika radiasi ponsel sering menyebabkan sakit kepala dan hilangnya fokus.Sudah banyak pula studi yang mengklaim hubungan antara risiko kanker dan radiasi ponsel. Diantaranya adalah tumor otak.

Jika anda akan menelpon dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya gunakan saja earphone. Jangan lupa juga untuk membiasakan menyimpan ponsel di dalam tas saja, jangan di saku baju ataupun celana. Itulah beberapa kebiasaan sehari hari yang ternyata bisa merusak otak kita. Semoga bermanfaat untuk kamu semua dan jangan lupa share ya.