Toyota Rilis Model Baru di GIIAS, Salah Satunya Toyota Voxy

Wikimedan.com – Toyota Rilis Model Baru di GIIAS, Salah Satunya Toyota VoxyPabrikan otomotif terkemuka Toyota bakal meluncurkan tiga model baru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Ajang GIIAS 2017 akan berlangsung pekan depan, 10-20 Agustus, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang.

Meski sudah menegaskan akan meluncurkan tiga model baru pada event GIIAS 2017, namun pihak Toyota enggan membeberkan semua produk yang akan diluncurkan.

Salah satu model terbaru yang akan diluncurkan Toyota adalah multi purpose vehicle (MPV) premium di kelas premium bernama Voxy.

“Mobil baru kami ada tiga. Satu Voxy dan dua lainnya belum bisa diberitahukan. Yang akan menjawabnya adalah (Presiden Direktur) Yoshihiro  Nakata dan (Wakil Presiden Direktur) Henri Tanoto langsung,” kata Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto, dalam konferensi pers, Rabu (2/8/2017) di Jakarta.

Lebih jauh, Soerjopranoto menjelaskan, Voxy untuk pasar Indonesia masih diimpor secara utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Jepang.

Tak hanya itu, MPV ‘adik’ Alphard itu pun diklaim memiliki spesifikasi yang hampir persis sama dengan yang ada di pasar Jepang. Yang berbeda, klaim dia, hanyalah standar emisi gas buang.

“Tapi Voxy kami juga sudah (standar emisi gas buang) EURO 4. Tahun depan, kan, kita sudah harus EURO 4,” akunya.

Voxy merupakan MPV dengan model mengotak mirip Alphard dengan kapasitas penumpang tujuh orang dan kursi baris kedua bermodel captain seat.

Adapan kapasitas mesin yang diusung adalah 1.986 cc, DOHC, empat silinder, 16 katup.

Di sisi lain, kendati enggan secara detail mengungkap dua produk lainnya yang akan ditampilkan di GIIAS, namun Soerjopranoto memberi petunjuk kecil.

“Yang satunya model sport utility vehicle (SUV),” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto, memberitahukan, bahwa SUV tersebut yang pasti bukanlah C-HR.

Sekilas tentang Voxy, Dari sisi tampilan, Toyota Voxy tampak lebih segar dengan penggunaan grill depan yang dibuat lebih tegas, mewah serta modern. Kemudian dipadukan dengan lampu depan LED lebih tipis. Ini hadir pada 6 varian Toyota Voxy yang dijual di Jepang yakni X,V, ZS, Hybrid X, Hybrid V dan Hybrid ZS sebagai top of the line.

Lainnya, khusus untuk tipe V dan ZS, tampilan juga diperkuat dengan penambahan aerokit. Sementara sisanya, bentuk eksterior masih tergolong sama dengan versi sebelumnya.

Masuk ke dalam kabin, interior new Toyota Voxy hadir dengan tempat penyimpanan baru pada beberapa bagian, meja serta USB power supply. Ini tentunya dapat meningkatkan nilai ergonomika kabin. Artinya para penumpang bakal lebih menikmati perjalanan karena dapat dengan mudah mendapatkan posisi duduk terbaik plus fasilitas-fasilitas pendukungnya.

Toyota Jepang juga mengklaim melakukan pembenahan pada beberapa bagian yang tak kasat mata namun memiliki banyak keuntungan. Karena dapat dipastikan oleh Toyota Jepang, new Toyota Voxy memiliki handling serta stabilitas, kenyamanan dan kesenyapan kabin yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Dua pilihan mesin masih ditawarkan pada new Toyota Voxy. Pertama bertipe 3ZR-FAE berkapasitas 2.0-liter dengan keluaran tenaga 150 hp dan torsi 193 NM. Sementara versi mesin hybrid 2 ZR-FXE berkapasitas 1.8-liter memiliki tenaga 97.6 hp dan torsi 142 Nm.

Mesin masing-masing dikombinasikan dengan transmisi Super CVT-i 7-kecepatan sport sequential shiftmatic. Perangkat ini dapat menghantar tenaga ke roda secara maksimal dan memiliki perpindahan gear yang lembut.

Toyota Jepang mengklaim bahwa kedua mesin tersebut memiliki konsumsi BBM yang tergolong irit. Dengan kisaran 14-16 km/liter untuk mesin 3ZR-FAE dan hingga 23,8 km/liter versi hybrid.

Untuk pasar Jepang, new Toyota Voxy ditawarkan dengan kisaran harga di bawah Rp 400 juta. Atau mulai dari yang termurah varian X dengan harga Rp 294 juta hingga yang termahal varian ZS hybrid Rp 387.5 juta. Toyota Rilis Model Baru di GIIAS, Salah Satunya Toyota Voxy

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar