Tidak Perlu Panik, Ini Dia 5 Obat Rumahan yang Aman dan Terbukti Ampuh Mengatasi Sariawan si Kecil

Wikimedan – Tidak Perlu Panik, Ini Dia 5 Obat Rumahan yang Aman dan Terbukti Ampuh Mengatasi Sariawan si Kecil

Balita dan bayi bisa saja terkena sariawan karena beberapa faktor. Seorang ibu seharusnya cepat tanggap dalam mengobati penyakit ini supaya si buah hati tidak rewel.

Sariawan yang dialamo balita dan bayi sebenarnya disebabkan oleh hal yang sama seperti orang dewasa. Yaitu dikarenakan adanya serangan jamu di dalam rongga mulut.

Jika hanya untuk mengatasi sariawan pada balita dan bayi anda membeli obat di apotek, sebaiknya sekarang tidak usah lagi. Sebab obat tersebut dapat memberi dampak yang merugikan bagi kesehatan si kecil.

Ditambah lagi biaya yang cukup mahal dan anak-anak anda mungkin saja kurang cocok dengan obat tersebut. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba memberikan obat sariawan ala rumahan ini, seperti mengutip laman Boldsky.

  1. Bawang putih

Bawang putih mentah mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur yang sangat kuat. Nah, anda bisa memanfaatkan bumbu dapur ini sebagai obat sariawan.

Parut bawang putih hingga halus, kemudian olesi area yang terkena sariawan dengan parutan bawang putih. Untuk mengoleskannya silahkan gunakan jari bersih.

  1. Minyak kelapa

Berdasarkan penelitian, minyak kelapa sudah terbukti secara ilmiah mempunyai manfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri. Pakailah beberapa tetes minyak kelapa, kemudian oleskan di bercak putih sariawan yang terasa menyakitkan itu.

  1. Cranberry

Jus cranberry merupakan obat sariawan yang cocok untuk bayi dan orang dewasa. Silahkan buatlah jus cranberry segar, dan usahakan tanpa gula. Berikan pada bayi supaya khasiatnya langsung dirasakan oleh buah hati anda.

Namun ingat, memberi jus cranberry ini hanya diperbolehkan untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan.

  1. Kayu manis

Tidak jauh berbeda dengan cranberry dan minyak kelapa, sepotong kayu manis juga memiliki sifat anti-jamur. Anda bisa membuat teh kayu manis, cukup dengan merebus sepotong kayu manis dan secangkir air.

Baca Juga  Tidak Disangka, 5 Olahan Sehat Ini Ternyata Mempunyai Dampak Buruk Bagi Tubuh

Rebus sampai mendidih dan hilangkan uapnya. Kemudian berikan kepada anak-anak anda dengan memberi minuman secara langsung atau tetesan.

5.Yoghurt

Tidak hanya baik untuk usus, ternyata yoghur merupakan makanan yang memiliki kandungan bakteri baik dalam melawan sariawan. Berikan 1 sendok yoghurt plain kepada si kecil yang sudah terbukti aman untuk tubuhnya.

 

Itulah beberapa obat rumahan yang aman dan terbukti ampuh mengatasi sariawan si kecil. Selamat mencoba