Tidak Perlu Antibiotik , Batuk dan Pilek Ternyata Bisa Diatasi Dengan Cara yang Sederhana

obat alami flu

Image by: northwell.edu

WikimedanTidak Perlu Antibiotik , Batuk dan Pilek Ternyata Bisa Diatasi Dengan Cara yang Sederhana . Antibiotik adalah obat yang dipakai untuk terapi penyakit akibat bakteri, misalnya saja infeksi. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang salah dalam mengartikan antibiotik. Mereka menganggap jika antibiotik dapat digunakan tanpa resep dokter dan cocok untuk semua jenis penyakit.

Banyak orang yang masih menggunakan antibiotik untuk mengatasi penyakit seperti flu dan batuk. Mungkin saja anda pernah melakukannya?.

Maura Linda Sitanggang, Dirjen Kefarmasiaan dan Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan mengungkapkan, flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, sementara antibiotik untuk bakteri.

“ Antibiotik, tergolong obat keras yang harus menggunakan resep dokter. Dokter akan mendiagnosa apakah dibutuhkan antibiotik atau tidak, barulah pasien dapat menggunakan,” ujar Linda seperti yang dilansir dari laman VIVA.

Tidak hanya itu, dr H. Masfar Salim, MS, SpFK, Ketua Komisi Nasional Kajian Obat Ikatan Dokter Indonesia mengungkapkan, jika terkena flu, cobalah melakukan terapi sendiri. Jang buru-buru atau langsung ke dokter.

“ Obati terlebih dahulu dengan obat biasa lalu istirahat, jika selama tiga hari tak ada kecenderungan sembuh, maka baru ke dokter ,“ ungkap Masfar.

Jika flu yang anda alami disebabkan murni karena virus, maka akan ada perbaikan dan tanda-tanda kesembuhan dengan sendirinya. Sedangkan, jika tidak ada perbaikan maka ada faktor lain yang musti ditangani oleh dokter.

Antibiotik seharusnya digunakan untuk membunuh bakteri sensitif, ujar Linda. Namun, antibiotik tak harus dipakai secara tuntas, karena bakteri bisa saja menjadi resisten atau kebal.

Maka dari itu, jangan sampai keliru saat mengobati penyakit. Pilek, flu, batuk, dan diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Sehingga proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan sederhana, seperti mencuci tangan, menjalankan pola hidup sehat dengan makan sayur, menjalankan pola hidup bersih, serta istirahat yang cukup.

Baca Juga  Terlalu Lama Duduk di Kantor? Waspadai Resiko Diabetes

“ Mencuci tangan dapat mencegah penyakit sampai 90 %,” ujar Linda.

Mulai sekarang, jangan sembarangan dalam menggunakan antibiotik. Penggunaan obat yang salah justru bisa mendatangkan masalah baru bagi diri anda sendiri. Menggunakan cara yang sederhana nyatanya bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi batuk dan pilek .