Ini Dia 3 Masalah Kesehatan yang Berpotensi Menyerang Orang Terlalu Kurus

Wikimedan.comIni Dia 3 Masalah Kesehatan yang Berpotensi Menyerang Orang Terlalu Kurus .Sekarang ini obesitas atau kelebihan berat badan menjadi masalah yang sedang dikhawatirkan, sebab jumlah pengidapnya semakin meningkat.

Orang yang mengalami obesitas rentan terkena beberapa masalah kesehatan serius seperti stroke, penyakit jantung dan diabetes.

Namun, bukan berarti orang kurus sama sekali tidak mempunyai resiko terkena penyakit. Kekurangan berat badan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti yang dilansir dari howstuffworks.com, berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat menyerang orang terlalu kurus.

Image by: coursefeeder.com

Image by: coursefeeder.com

  1. Tulang rapuh dan osteoporosis

Jika orang yang kelebihan berat badan berlomba-lomba membakar lemak agar bisa menurunkan berat badan, namun orang kurus justru membutuhkan asupan lemak ini.

Hal ini terjadi karena salah satu tugas lemak yaitu memproduksi esterogen. Baik itu untuk wanita ataupun pria, esterogen sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Jika saja lemak dalam tubuh itu berkurang, maka tulang menjadi rapuh dan juga rentan mengalami kerusakan.

  1. Memicu Masalah Reproduksi

Kekurangan berat badan ternyata juga bisa memicu beberapa masalah reproduksi wanita. Ketika seorang wanita terlalu kurus, maka siklus menstruasinya seringkali tidak teratur dan bahkan bisa berhenti.

Ketidakteraturan tersebut dapat menimbulkan masalah pada kehamilan nanti. Masalah juga beragam, mulai dari sulit hamil sampai mempertahankan kehamilan.

Pasalnya, siklus menstruasi yang tidak teratur mampu mempengaruhi lapisan rahim.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, wanita yang kekurangan berat badan saat hamil mempunyai resiko 72% mengalami keguguran pada trimester pertama.

  1. Anemia

Orang yang memiliki tubuh terlalu kurus pasti akan rentan mengalami anemia. Yakni kondisi di mana tubuh mengalami penurunan dalam produksi sel darah merah.

Baca Juga  Benarkah Minum Kopi Dapat Memperpanjang Usia?

Biasanya hal ini dikarenakan kurangnya jumlah asupan nutrisi yang tepat, misalkan saja folat, vitamin B12, dan zat besi.

Oleh sebab itu, orang yang mengalami kekurangan berat badan seharusnya mencukupi kebutuhan nutrisinya agar tidak mudah mengalami anemia.

Beberapa gejala anemi yakni tidak bertenaga, mudah lelah, pusing, sesak napas, dan detak jantung menjadi tidak teratur.

Setelah mengetahui resikonya, kini saatnya anda memperhatikan kembali kondisi tubuh anda agar tidak terlalu kurus dan menjaga kesehatan selalu.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Incoming search terms:

2 thoughts on “Ini Dia 3 Masalah Kesehatan yang Berpotensi Menyerang Orang Terlalu Kurus

  • 01/01/2018 at 10:55 am
    Permalink

    Dulu saya termasuk orang yang kurus tapi sekarang sudah mendingan kok.hehe

    Reply
    • 01/01/2018 at 12:03 pm
      Permalink

      sip, mantap kalau begitu 😀

      Reply

Leave a Reply