Tempat Liburan Seru di Semarang, Palembang, dan Banjarmasin

Wikimedan.com, Jakarta – Tempat Liburan Seru di Semarang, Palembang, dan Banjarmasin . Bagi kalian yang belum sempat liburan di tahun ini, yuk tutup tahun 2017 dengan lebih seru dan berkesan. Tidak perlu bingung memilih destinasi liburan yang dijamin berkesan. Bahkan tidak perlu ke luar negeri karena banyak destinasi lokal yang tidak kalah indah.

Coba jadikan Semarang, Palembang, atau Banjarmasin sebagai destinasi liburan seru bersama teman atau keluarga. Tiga kota ini punya destinasi wisata menarik yang harus dijajal. Berikut daftarnya:

Semarang

 

Wisata Lereng Kelir, Semarang (Foto: detikTravel)
Wisata Lereng Kelir, Semarang

Ibu Kota Jawa Tengah ini tidak hanya terkenal dengan kawasan Kota Tua yang instagramable. Semarang juga punya alam yang indah. Kalian bisa menikmati indahnya lereng pegunungan di Lereng Kelir yang terletak di Dusun Gertas, Brongkol Jambu, Kabupaten Semarang. Dari sini, kalian bisa melihat sunset maupun sunrise dengan latar Danau Rawa Pening. Bahkan ada spot foto yang instagramable berbentuk bingkai love.

Lorong Kampoeng Batik Djadhoel, Semarang (Foto: detikTravel)
Lorong Kampoeng Batik Djadhoel, Semarang

Bagi yang suka bergaya OOTD, coba datang ke Kampoeng Batik Djadhoel di Kelurahan Rejomulyo. Kampung ini dihiasi dengan lorong yang instagramable. Pasalnya banyak mural yang menarik serta hiasan foto hitam putih. Muralnya memperlihatkan ikon Kota Semarang, seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, hingga wayang.

Palembang

 

Alquran raksasa di Ponpes Modern Gandus, Palembang (Foto: detikTravel)
Alquran raksasa di Ponpes Modern Gandus, Palembang

Bagi kamu yang suka liburan bertema budaya, sejarah, dan religi, bisa datang ke Palembang. Kota ini tidak hanya terkenal akan kemegahan Jembatan Ampera saja. Kalian bisa berwisata ke Ponpes Modern Gandus. Ketika masuk ke dalam ruangan, kalian akan melihat seluruh dinding dilapisi ayat suci Alquran yang terbuat dari kayu.

Baca Juga  5 Tips Seimbangkan Pekerjaan, dan Pendidikan
Rumah Limas, Palembang (Foto: detikTravel)
Rumah Limas, Palembang

Pastinya kalian familiar dengan bentuk Rumah Limas. Rumah adat ini memang terpampang di uang pecahan Rp 10 ribu. Rumah Limas yang terletak di Museum Balaputra Dewa ini merupakan rumah adat khas Sumatera Selatan. Ternyata rumah ini punya banyak filosofi. Di antaranya jumlah ornamen tanduk kambing pada bagian atap.

Jika jumlahnya 5 menandakan perlambang rukun Islam, 6 rukun iman, 4 sahabat nabi, 3 matahari bintang dan bulan, 2 adam dan hawa. Rumah Limas secara keseluruhan terbuat dari kayu. Pondasinya menggunakan kayu ulin yang sangat kokoh meskipun terendam air. Bahkan bangunannya tidak menggunakan paku, melainkan pasak.

Banjarmasin

 

Pasar Terapung, Banjarmasin (Foto: detikTravel)
Pasar Terapung, Banjarmasin

Buat liburan kalian lebih berkesan dengan kegiatan yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari. Kalian bisa terbang ke Banjarmasin dan mengunjungi pasar terapung Lok Baitan di Sungai Martapura. Jika biasanya kalian belanja di pasar atau supermarket, cobalah pengalaman berbelanja di sungai dengan naik perahu.

Pasar ini beroperasi pukul 06.00 hinga 08.00 WITA. Menariknya selain berbelanja, kalian juga bisa menikmati sunrise. Jangan lupa bawa uang kecil ya untuk jajan kue, buah, mainan, hingga topi tradisional. Bahkan kalian juga bisa ikut berkeliling sekitar pasar bersama pedagang.

Patung Bekantan, Banjarmasin (Foto: detikTravel)
Patung Bekantan, Banjarmasin

Kemudian nikmati pemandangan Kota Banjarmasin pada sore dan malam hari di Jalan Kapten Pierre Tendean atau di tepi Sungai Martapura. Di sini kalian bisa berfoto bersama Patung Bekantan yang sering disandingkan dengan Patung Merlion di Singapura. Ada area untuk duduk santai hingga jogging di sekitar patung yang terbuat dari perunggu ini.

Dilansir dari news.detik.com untuk Tempat Liburan Seru di Semarang, Palembang, dan Banjarmasin