Tak Cuma Cina , Rusia Pun Melarang VPN

Wikimedan.com . Tak Cuma Cina , Rusia Pun Melarang VPN. Pelarangan penggunaan VPN ternyata tak hanya diberlakukan di China, sebelumnya di Duma, Rusia, Majelis Federal Rusia (legislatif) mengadopsi aturan yang melarang penggunaan VPN dan layanan anonim online seperti peramban Tor. Ancaman ini akan diberlakukan pada perusahaan layanan tersebut jika mereka tidak mengeblok akses pada berbagai layanan web yang disensor pemerintah.

Dalam nota yang menjelaskan soal penerapan kebijakan ini, deputi Duma berargumen bahwa penerapan hukum ini diperlukan karena sensor tak cukup efektif. Undang-undang lain yang juga diloloskan pihak legislatif Duma akan membuat operator telepon seluler untuk mengidentifikasi pengguna tertentu.
Dalam daftar, termasuk bebagai situs yang menyediakan perangkat lunak yang bisa menghindari sensor pemerintah tersebut. Ngeri-nya, aturan ini juga melarang mesin pencari untuk tidak menampilkan referensi pada situs-situs yang sudah diblokir. Sehingga, pengguna tidak mengetahui mengapa mereka tidak dapat melihat situs tersebut.

Baca Juga  CDMA Smartfren Dipastikan Dimatikan Tahun Ini

Kebijakan ini disetujui setelah direktur agensi intelejen Rusia, FSB, Alexander Bortnkov berbicara kepada deputi Duma dalam pertemuan tertutup selama satu jam. Dalam pertemuan tersebut agen intel Rusia tersebut menyampaikan pentingnya penerapan kebijakan ini lantaran adanya aturan hukum yang dilanggar dengan cepat. Peserta pertemuan tersebut diminta untuk tidak melaporkan pertemuan ini, demikian The Register seperti dikutip dari RBC .

Mereka juga meminta operator agar bisa mengeblok pesan teertentu jika diminta oleh pemerintah. Operator juga harus tunduk jika pihak berwenang untuk mengirim pesan mereka sendiri kepada semua pelanggan. Jika operator tidak melaksanakan aturan ini, maka mereka akan dikenai denda satu juta rubel (sekitar Rp220juta).

Baca Juga  ALIBABA dan PwC bekerja bersama menggunakan teknologi Blockchain untuk memastikan keamanan pangan

Pemerintah Rusia  meresmikan aturan untuk menghapus layanan virtual private network (VPN) di negaranya. Aturan ini mulai efektif berlaku pada 1 November 2017.

Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri yang menandatangani aturan tersebut, Bunyi aturannya tak spesifik mengarah ke penghapusan VPN.

Lebih jelas, aturan baru itu ingin memberantas segala bentuk teknologi yang memungkinkan masyarakat Rusia mengakses situs-situs yang dilarang di negara tersebut. Diketahui, VPN merupakan salah satu cara untuk membuka akses ke situs yang disensor di sebuah negara.

Sebelum Rusia, China lebih dulu menetapkan aturan ini dengan mewajibkan Apple memberantas aplikasi VPN dari toko aplikasi Apple App Store cabang China.

Rusia memang hampir mirip dengan China dalam hal ketatnya pengawasan konten internet. Pada 2014 lalu, Vladimir Putin mengeluarkan aturan yang mengharuskan perusahaan internet menyetor seluruh data pengguna Rusia ke server pemerintah.

Baca Juga  Catat! Ini Jadwal dan Harga Rilis SNES Classic Edition

Dalih aturan itu untuk mengawasi dan mengontrol penyebaran konten ilegal yang tak sesuai nilai-nilai di Rusia. Terlepas dari tujuannya, banyak masyarakat Rusia yang tak setuju dengan ketetapan pemerintah.

Awal bulan ini, ketika aturan pelarangan VPN diwacanakan, sejumlah pengunjuk rasa membanjiri jalanan Moskwa. Mereka ingin pemerintah tak jadi meneken aturan tersebut.

Tak Cuma Cina , Rusia Pun Melarang VPN

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar