Siapakah Katy Jurado ?

Wikimedan – TERKENAL dengan perannnya sebagai karakter “femme fatale”, Katy Jurado menempuh trennya sebagai bintang di industri perfilman Meksiko dan Hollywood. Tak seperti Del Rio atau Maria Felix, Katy Jurado bukan sekedar mempunyai kecantikan yang klasik. Tapi wujud matanya yang besar mewujudkan sorotan mata Katy Jurado tajam dan memberikan isyarat kuat berkarakter. Ciri khas Katy Jurado ini memainkan peranan penting dalam karir keaktrisannya di Amerika Serikat.

Katy Jurado menerima nominasi Academy Award untuk peran penyokongnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance. Katy Jurado yang yakni artis wanita asal Meksiko ini diingat sebab penampilannya di lebih dari 70 film Amerika Barat dan Meksiko pada tahun 1940-an, 1950-an, dan 1960-an. Google pun merayakan hari ulang tahun Katy Jurado ini secara khusus lewat Doodle mereka hari ini. Ya, Ulang Tahun ke-94 Katy Jurado.

Mengawali debut sinemanya di film Meksiko pada 1943, sambil dia menapaki ketenarannya sebagai artis wanita, Katy Jurado juga pernah berprofesi sebagai jurnalis. Berakting di film bukan satu-satunya pekerjaan Katy Jurado, dia juga menulis fitur, review film dan sebagai penulis untuk surat isu Meksiko. The Guardian.com menceritakan Katy Jurado juga seorang komentator radio.

Sebagai seorang remaja belasan tahun, Katy Jurado pernah dilarang berakting oleh keluarganya. Akan tapi Katy Jurado berhasrat untuk menandatangani kontrak pertamanya secara diam diam. Karirnya diawali dengan sebagian film yang diproduksi selama masa keemasan perfilman Meksiko, termasuk film La Vida Inutil de Pito Perez yang berhasil di tahun 1943.

Keluarga kaya raya

Katy Jurado yang meninggal pada 5 Juli 2002 di usianya yang ke 78 tahun, hakekatnya berasal dari keluarga kaya raya. Malahan kala itu, keluarga Katy Jurado mempunyai keseluruhan dari apa yang ketika ini yaitu Texas. Revolusi Meksiko, menyebabkan kebangkrutan keluarga Katy Jurado.

Baca Juga  Alhamdulillah Bapak Presiden Tegas soal Full Day School

“Keluargaku tak lagi kaya raya, melainkan mereka konsisten hidup seperti itu,” ungkap Katy Jurado merespons kebangkrutan keluarganya.

Ayah Katy Jurado yaitu seorang peternak sapi dan pemilik kebun jeruk. Ibunya eks penyanyi opera yang telah pensiun dari pentas sebab menikah.

Katy Jurado yakni salah satu artis wanita Meksiko yang paling popular di film Amerika yang dijadikan pada tahun 1950-an. Katy Jurado yaitu bintang utama yang paling bercahaya di sinema Meksiko.

Meskipun pertama Katy Jurado di Hollywood yaitu Bullfighter dan Lady di tahun 1951. Dengan usaha yang keras dari Katy Jurado dia sukses melafalkan dan menghafalkan naskah dalam bahasa Inggris. Sedangkan pemahaman bahasa Inggris Katy Jurado terbatas dan dia cuma menghafalkan “bunyi” dari kalimat di naskah.

Pemberani dan mempesona

Aktris demikian, penampilan karakter Katy Jurado yang kuat menarik perhatian seorang produser Hollywood tenar. Katy Jurado memainkan karakter penting Helen Ramirez dengan amat mahir sehingga Katy Jurado sukses memenangkan Golden Globe Award untuk klasifikasi Penunjang Malahan Terbaik. Penghargaan ini permulaan bagi penghargaan lainnya bagi Katy Jurado termasuk Silver Ariel Awards dan nominasi sebagian Academy Awards.

Di luar layar, Katy Jurado yaitu wanita pemberani dan berjiwa yang mempesona seluruh orang di sekitarnya. Malahan artis pria Marlon Brando dan novelis ternama Louis L’Amour terpesona olehnya. Katy Jurado menandakan kecantikan wanita Meksiko kala itu yang khas dan mempunyai kekuatan tarik seksualitas yang tinggi.

Selanjutnya Katy Jurado dalam menandakan pelbagai karakter menolong Katy Jurado memperluas perannya sebagai artis wanita Meksiko di Hollywood.

 

Google hari ini Selasa (16/1) memasang doodle khusus sebagai penghormatan terhadap Maria Cristina Estela Marcela Jurado Garcia atau populer diketahui dengan nama Katy Jurado. Tanggal 16 Januari yakni hari kelahiran Katy Jurado. Dan hari ini Google memasang doodle untuk merayakan ulang tahunke-94 Katy Jurado.

Baca Juga  Sekilas Tentang Edy Rahmayadi

Siapakah Katy Jurado? Katy Jurado yaitu seorang penggiat seni kenamaan Meksiko. Lahir pada tanggal 16 Januari 1924 dengan nama orisinil Maria Cristina Estela Marcela Jurado Garcia. Katy Jurado memulai karirnya sebagai penggiat seni TV dan tahun 1943 untuk pertama kalinya dia mengawali debut aktingnya.

Nama Katy Jurado kian populer mana kala Meksiko menjelang jangka waktu keemasan sinematografi merupakan sekitar tahun 1940 hingga permulaan 1950-an. Akting Jurado mulai memperoleh kebanggaan ketika bermain dalam sejumlah film Meksiko. Pada tahun 1951, seorang sutradara dari Amerika Serikat Budd Boetticher menemukan talenta emas Katy Jurado dan membawanya ke Hollywood. Katy Jurado mulai berkarir di Hollywood lewat film The Bullfighter & The Lady. Dari tahun 1950-1960, Katy Jurado berkibar di dunia perfilman Hollywood. Meskipun High (1952), Arrowheac (1953), Broken Lance (1954) One-Eyed Jacks (1960) dan Pat Garrett and Billy the Kid (1973) yaitu datfar sinematografi yang diperankan Katy Jurado.

Puncak karir Katy Jurado dalam film keluaran Hollywood tersaji lewat High Noon, dimana Jurado meraih Golden Globe Award sebagai pemeran utama perempuan.

Selama karirnya, Katy Jurado membintangi 71 film. Namanya masuk dalam Hollywood Walk of Fame.

Pada Tahun 1990 Katy Jurado sempat timbul dalam dua telenovela Meksiko. tahun 1992, Jurado diberi penghargaan Golden Boot Award untuk sumbangsih dan kontribusinya kepada film bergenre Western. Sekitar tahun 2002, Katy Jurado tampil untuk sebagai cameo dalam film The Hi-Lo Country dari sutradara Stephen Frears. Meskipun Un Secreto de Esperanza menjadi penampilan terakhir Katy Jurado di layar lebar. Menariknya, film produksi negara asalnya Meksiko hal yang demikian dirilis sesudah Katy Jurado meninggal.

Baca Juga  Bayi Baru Lahir Ini Punya Bobot 6,5 Kg

Katy Jurado meninggal tanggal 5 Juli 2002. Atas jasa-jasanya di bidang perfilman, hari ini Google memasang doodle khusus sebagai penghormatan atas ulang tahunnya yang ke-94. Feliz Navidad, Katy Jurado.