Siapa Bilang Penderita Maag Tidak Bisa Diet? Ini dia Tips Aman dan Sehat yang Harus Anda Ketahui

Wikimedan – Siapa Bilang Penderita Maag Tidak Bisa Diet? Ini dia Tips Aman dan Sehat yang Harus Anda Ketahui

Mempunyai tubuh yang ideal merupakan keinginan bagi semua orang. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya dengan diet. Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukan diet dengan bebas.

Misalnya saja orang yang memiliki penyakit  maag dan ia ingin mencoba program diet, seringkali mereka dihantui perasaan khawatir sebab diet bisa membuat mag mereka kambuh.

Dr Muhammad Anshory, SPD, seorang dokter spesialis penyakit dalam mengungkapkan jika banyak orag yang melakukan kesahalan saat menjalankan program diet.

Yaitu sama sekali tidak makan. Padahal, dalam menurunkan berat badan seharusnya kita mengatur makan sembali konsultasi dengan seorang ahli gizi, berapa banyak kalori yang seharusnya dimakan dalam sehari.

“Intinya adalah kalori yang dikonsumsi wajib lebih kecil dibandingkan kalori yang anda keluarkan ( dalam bentuk aktivitas sehari-hari, seperti olahraga, dan lain sebagainy,” ujar dr Anshory.

Berikutnya, dr Anshory menerangkan perilah makanan yang dianjurkan dan diperbolehkan kepada penderita mag, diantaranya adalah makanan tinggi kandungan serat misalnya sereal, buah-buahan, sayuran dan makanan yang rendah lemak seperti ayam dan ikan.

 “ Konsumsi yang tak asam ( sayuran ), minum yang tidak berkafein dan bersoda, pribiotik misalnya yoghurt,” ujar dr Anshroy.

Nah, dr Anshroy juga menambahkan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag. Diantaranya adalah makanan dengan kandungan lemak tinggi, kopi, alkohol, jus buah, gorengan, buah-buahan bercitaras asam, minuman soda, makanan asam misalnya tomat, dan beberapa makanan lain yang bisa menimbulkan penyakit mag, setiap orang berbeda.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan apabila penderita maag sekalipun bisa melakukan program diet. Dengan catatan, mereka sudah mengetahui apa saja makanan yang harus  dikonsumsi dan dihindari.

Baca Juga  Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Diare

Diet seharusnya bisa memberikan efek positif bagi setiap pelakuknya, bukannya memicu penyakit-penyakit lain akibat diet.

Biasanya hal ini terjadi pada pelaku diet pemula, mereka justru menyiksa tubuh dengan tidak makan sepanjang hari dan hanya mengkonsumsi sayur atau buah-buahan.

Sudah jelas, hal ini sangat salah dan tidak direkomendasikan untuk dicoba. Terlebih lagi bagi penderita penyakit maag .

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar