Rempah dan Buah yang Terbukti Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

makanan untuk nyeri sendi
Image by: joinhealthmagazine.com

WikimedanRempah dan Buah yang Terbukti Ampuh Meredakan Nyeri Sendi

Apakah anda adalah salah satu penderita radang sendi atau rheumatoid arthritis? Jika iya, cobalah mengkonsumsi biji-bijian dan bluberry.

Keduanya termasuk makanan terbaik dalam mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan pada persendian. Tidak cukup sampai disitu saja, bahkan makanan ini mampu memperlambat perkembangan  radang sendi, ujar periset.

Buah delima, plum kering, kunyit, rempah-rempah jahe, biji-bijian, dan minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi radang sendi.

Makanan ini kelihatannya sangat ampuh dalam mengurangi kekakuan, peradangan dan nyeri sendi, menurut penulis makalah yang diterbitkan tanggal 8 November di jurnal Frontiers in Nutrition, seperti yang dilansir dari laman Webmd.

“Mengonsumsi secara regular beberapa makanan yang mengandung serat seperti buah, sayuran, dan rempah-rempah, serta menghindari komponen yang memicu kerusakan dan peradangan, bisa membantu pasien dalam mengatasi efek reumatoid arthritis,” ungkap penulis studi Bhawna Gupta. Ia adalah asisten profesor di salah satu Sekolah Bioteknologi Universitas KIIT Odisha, India, dalam suatu rilis.

Makanan yang harus dihindari

“Pasien yang menderita radang sendi atau rheumatoid arthritis harus menghindari minuman beralkohol, makanan omnivora, dan merokok kemudian beralih ke makanan vegetarian, seperti yang direkomendasikan ohle ahli diet atau dokter mereka, “ ujar Gupta.

Menambahkan makanan yang memiliki kandungan probiotik seperti suplemen diet dan yoghurt juga bisa membantu, tambah Gupta.

“Penunjang pengelolaan penyakit lewat makanan dan diet tak memberikan efek samping berbahaya dan relatif mudah serta murah,” pungkas Gupta.

Selain dari sisi makanan, mengatasi nyeri sendiri juga bisa dilakukan dengan hal-hal yang lain. Pertama-tama adalah dengan olahraga. Olahraga yang dilakukan secara teratur mampu mengatasi sendi yang kaku dan meningkatkan fleksibilitas sendi anda.

Baca Juga  Intip 5 Bumbu Dapur yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak Lebih Cepat Berikut Ini

Namun harus tetap ingat, jangan olahraga berat yang memberikan beban berlebih pada sendi. Sebaiknya anda melakukan beberapa olahraga ringan seperti berenang, bersepeda dan senam aerobik.

Dengan kombinasi asupan makanan yang baik dan olahraga secara teratur, maka penyakit rheumatoid arthritis bisa diatasi seiring berjalannya waktu.  Tidak perlu membeli obat-obatan kimia yang memakan biaya cukup banyak, karena ada alternatif lain yang tidak kalah ampuhnya.

Nah itu dia sedikit tentang makanan yang ampuh meredakan nyeri sendi . Semoga ber manfaat untuk kamu semua