Presiden Jokowi Menyebut Bitcoin Sebagai Alat Teknologi Masa Depan

WikimedanBank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan memang belum mengeluarkan peraturan resmi berhubungan Bitcoin dan kawan-kawan. Namun, Presiden RI Joko Widodo tampaknya menganggap kemunculan mata uang virtual itu sebagai era baru teknologi yang sepatutnya siap disambut oleh masyarakat Indonesia.

Jokowi juga menyebut bahwa kemajuan infrastruktur dan teknologi (termasuk teknologi online) adalah sesuatu yang sepatutnya tetap kita ikuti agar tidak ketinggalan dengan negara-negara lain.

 

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat, berubah sangat cepat dan kita tidak bisa mengisolasi diri dari perkembangan tersebut,” ungkap mantan walikota Solo itu di hadapan sivitas akademika Universitas Indonesia dalam acara Dies Natalis UI di kampus UI, Depok hari Jumat (2/2).

Beberapa teknologi yang sempat dibahas oleh presiden adalah revolusi industri 4.0 yang harus dihadapi dengan kemampuan komputerisasi dan analisis data yang mumpuni. Hal ini telah berhasil memunculkan terobosan baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Beberapa kemajuan yang tampak dalam bidang teknologi misalnya adalah siber fisikal yang telah menghasilkan kendaraan tanpa pengemudi. Teknologi printer 3 dimensi sekarang bahkan bisa dimanfaatkan untuk perumahan dan persenjataan. Presiden berharap kepada seluruh insan pendidikan seperti guru dan para dosen, untuk bekerjasama menciptakan generasi yang siap menghadapi segala kemajuan itu.

Sekarang sudah muncul juga teknologi robot yang lebih maju yang bisa menggantikan peran manusia. AI (artificial intelligence) dan VR (virtual reality) pun semakin banyak dikembangkan. Teknology blockchain dan cryptocurrency sebagai mata uang non sentral juga sekarang sedang menjadi perhatian banyak orang,” ungkap Presiden.

Tanggapan ini secara tidak langsung merupakan bentuk dukungan Presiden Jokowi kepada teknologi baru ini.

Dikala ini kian banyak negara yang menonjolkan ketertarikannya terhadap teknologi blockchain dan mata uang virtual. Sebagian di antaranya malah dengan terbuka memberikan dukungan malah menghasilkan cryptocurrencynasional sendiri. Tak menutup kemungkinan suatu saat Indonesia dapat mengerjakan langkah serupa berhubungan Bitcoin dan mata uang virtual lain.

Baca Juga  Bitcoin dan Alt Coin Lainnya Dilarang Oleh BI

 

Sumber : Source: economy.okezone.com, finance.detik.com

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar