Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya

Wikimedan.comPenyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya . Insomnia merupakan sebuah penyakit yang berupa susah tidur pada malam hari dan biasanya ini terjadi pada orang dewasa dan tidak terlebih juga pernah terjadi pada anak-anak. Insomnia mungkin sangat mengganggu bagi para penderitanya, dikarenakan penyakit yang satu ini membuat penderitanya sulit tidur pada malam hari sehingga para penderita dapat mengalami kelelahan yang berlebihan

Pada dasarnya manusia itu membutuhkan waktu tidur pada malam hari, dikarenakan pembetukan sel darah merah paling banyak itu terjadi pada malam hari, sehingga saat kita tidak tidur pada waktu malam maka kita dapat mengalami kekurangan darah merah sehingga kita menjadi lelah pada siang harinya. Insomnia yang terjadi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit yang parah dan bahkan bisa saja merenggut nyawa kita.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya insomnia ini dan saya akan membahasnya disini se detail mungkin dan semoga saja yang saya bahas kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Nah berikut ini adalah pembahasan saya mengenai Insomnia.

Penyebab Insomnia

Untuk penyebabnya sendiri mungkin sering kita ketahui yang pastinya adalah karena kita sering begadang pada malam hari sehingga menjadi kebiasaan yang berlarut-larut dan membuat kita menjadi tidak terbiasa tidur pada malam hari lagi, namun selain itu juga ada penyebab lainnya yang akhirnya membuat orang sulit tidur sehingga berakibat pada Insomnia.

Penyebab lainnya yaitu berupa stres, banyak beban pikiran, meminum kopi berlebihan pada malam hari, Kekhawatiran yang berlebihan, mengkonsumsi obat yang salah dan masih banyak penyebab lainnya. Semua penyebab itu akhirnya dapat membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur dan akhirnya memilih untuk bergadang hingga pagi, sehingga menjadi kebiasaan dan akhirnya berakibat pada terjadinya insomnia.

Baca Juga  Manfaat Sukun Untuk Kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia

Nah berikut ini saya akan sedikit menjelaskan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati atau hanya sekedar mengatasi masalah Insomnia pada anda atau kerabat terdekat anda yang juga mengalami Insomnia.

1.Mengkonsumsi Obat Tidur

Cara paling ampuh dan cukup ampuh adalah dengan mengkonsumsi obat tidur, dengan mengkonsumsi obat tidur maka anda akan dibuat mengantuk berat sehingga anda akan tertidur, namun yang namanya obat-obatan pasti ada efek sampingnya bila digunakan secara berlebihan. Jadi kegunaan obat tidur ini hanya dapat digunakan beberapa kali dan tidak dapat digunakan bila terlalu sering.

2.Mengurangi penggunaan cahaya saat tidur

Saat anda tidur ada baiknya anda mematikan seluruh lampu dan kurangi jumlah cahaya saat anda tertidur, karena cahaya yang terlalu terang juga dapat membuat orang susah tidur, sehingga akhirnya membuat orang tersebut mencari kegiatan lain yang pada akhirnya membuat dia begadang.

3. Menjauhkan alat elektronik saat tidur

Ketika anda tertidur ada baiknya anda menjauhkan segala alat elektronik dari sisi anda, seperti HP dan lainnya. Banyak orang yang menaruh HP di samping mereka tidur sambil mendengarkan musik atau hanya sekedar menaruh saja. Tapi pancaran elektromagnetic pada elektronik tersebut dapat bereaksi pada otak, walaupun efeknya sendiri belum pernah terbukti pada manusia dan hanya terjadi pada tikus, namun para ilmuwan tetap berasumsi elektronik dapat merusak otak.

4. Usahakan jangan makan sebelum tidur

Saat anda akan tidur jangan pernah mengkonsumsi makanan, karena makanan dapat menyebabkan sakit perut saat anda tertidur sehingga anda akan tersintak pada malam hari dan anda akan merasakan nyeri pada perut anda, yang akhirnya membuat anda sulit tidur. Usahakan tidur 2 jam setelah makan.

Baca Juga  Bandara Soekarno-Hatta Akan Ganti " Boarding Pass " Kertas Jadi Digital

Itulah Penyebab Insomnia Dan Cara Mengatasinya .Mungkin hanya inilah yang dapat bahas untuk kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.