Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Diare

Wikimedan.comPenyebab, Gejala dan Cara Mengobati Diare . Diare merupakan permasalahan kesehatan yang cukup serius dan bahkan sering kali terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil. Diare dapat menyebabkan perut menjadi sakit dan bahkan kita pun tidak akan tenang dibuatnya. Diare yang terjadi pada orang dewasa biasanya akan berakibat pada sakitnya bagian perut dan bagi anak kecil atau bayi bahkan bisa menjadi masalah serius dan dapat menyebabkan kematian.

Di Indonesia sendiri kasus diare ini cukup sering terjadi dan rata-rata terjadi pada balita dan anak-anak. Biasanya disebabkan oleh lingkungan yang kumuh dan makanan yang tidak sehat. Terkadang sebagian besar masyarakat indonesia masih awam dengan gejala diare ini, maka dari itu disini saya akan sedikit membahas apa saja yang menyebabkan diare dan bagaimana cara mengobatinya.

Mungkin informasi ini akan sangat berguna bagi orang tua yang ingin mengetahui penyakit anaknya, karena jika dibiarkan terlalu lama, maka efek yang ditimbulkan akan semakin parah dan bisa berujung kematian.

Penyebab Diare

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan diare, salah satunya yang saya sebutkan diatas, yaitu masalah lingkungan dan makanan yang tidak sehat. Selain itu masih banyak lagi penyebab diare itu dan berikut ulasannya

1.Efek samping karena obat-obatan

Salah satu penyebab diare adalah karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menimbulkan efek samping, sehingga menimbul masalah diare ini, jadi disarankan jika ingin mengkonsumsi obat-obatan agar meminta resep dokter terlebih dahulu.

2.Mengkonsumsi alkohol dan kopi secara berlebihan

Mengkonsumsi kopi dapat memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan namun jika di konsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah diare yang parah, dan biasanya ini terjadi pada orang dewasa yang suka mengkonsumsi kopi. Meminum minuman ber alkohol juga akan berdampak menimbulkan masalah diare.

Baca Juga  17 Anak Keracunan Bakso Bakar

3.Efek stres dan Gelisah berlebihan

Stres yang berlebihan serta kegelisahan juga dapat menyebabkan diare akut, sehingga jika anda mengalami masalah ada baiknya diselesaikan terlebih dahulu dan jangan terlalu di jadikan beban pikiran yang akhirnya berakibat pada timbulnya penyakit.

Gejala Diare

Mengetahui gejala diare cukup mudah, jika terjadi sakit atau keram dibagian perut dan anda mengalami buang air berlebihan dalam sehari maka itu bisa dikatakan gejala diare. Biasanya saat BAB, tinja yang dikeluarkan akan sedikit encer dan itu terjadi secara terus menerus dalam 1 hari.

Mengobati dan Mencegah Diare

Mengobati diare cukup mudah, anda hanya perlu menjaga pola makan serta menjaga tingkat emosi anda, jika anda menjalani aktivitas yang berat ada baiknya anda meluangkan waktu untuk bersantai dan istirahat menenangkan pikiran. Dan untuk makanan ada baiknya anda selalu memperhatikan apapun yang anda konsumsi serta perhatikan juga lingkungan sekitar anda.

Bagi penderita Diare di sarankan juga untuk sering meminum cairan seperti air, karena diare dapat menimbulkan efek samping berupa dehidrasi yang parah dan dapat menyebabkan kematian jika terjadi terlalu parah, sehingga sangat disarankan bagi anda penderita untuk selalu mengkonsumsi air putih. Diare biasanya hanya terjadi 2- 4 hari bagi orang dewasa dan 5-7 hari bagi anak-anak.

Untuk mencegah diare lakukanlah beberapa cara berikut ini :

  1. Cucilah tangan sebelum makan
  2. Tidak mengkonsumsi makanan yang mentah
  3. Biasakan mengkonsumsi makanan yang berbahan segar
  4. Perhatian selalu lingkungan sekitar anda saat beraktivitas
  5. Tidak mengkonsumsi makanan dari tempat yang kotor

Nah mungkin itu saja yang dapat saya berikan tips tentang Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Diare , semoga bermanfaat.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!
Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya

Silahkan komentar