Pemerintah Bagikan 7.500 Sertifikat Tanah ke Masyarakat

Wikimedan.com. Pemerintah Bagikan 7.500 Sertifikat Tanah ke Masyarakat .Pemerintah pada pagi hari ini Minggu (20/8/2017) melakukan Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Program Strategis Nasional Se-Jabodetabek.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan, pada hari ini pemerintah menyerahkan sekitar 7.500 sertifikat tanah kepada warga masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.



“Hari ini dibagikan 7.500 sertifikat. Diberikan kepada masyarakat di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi. Seluruh tanah akan kita sertifikatkan. Semua masyarakat. DKI juga kita berikan,” kata Sofyan ditemui Kompas.com di lokasi penyerahan.

Penyerahan sertifikat secara simbolis rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Selain kepada masyarakat, pemerintah juga menyerahkan sertifikat kepada Pemprov DKI Jakarta di antaranya sertifikat Balai Kota, Taman BMW, dan Monumen Nasional.

Pada tahun ini saja, pemerintah menargetkan akan menyerahkan sertifikat tanah sebanyak 5 juta sertifikat. “Itu akan dibagikan terus ke semua daerah,” ucap Sofyan.

Sertifikat yang sudah dibagikan kepada masyarakat hingga saat ini sudah mencapai 1,5 juta. Sofyan menambahkan, dalam kunjungan-kunjungan ke berbagai daerah, Presiden juga sering melakukan pembagian sertifikat.

“Seluruh tanah, tiap jengkal kita berikan sertifikat tanah biar jelas kepastian hukumnya,” sebutnya.

Dalam sambutannya, Sofyan menjelaskan manfaat sertifikasi tanah diantaranya untuk menghindari konflik agraria, membuat aset masyarakat bisa dijadikan jaminan bank, serta menghindarkan masyarakat pada jeratan rentenir.

“Kalau perlu pinjaman modal, dengan sertifikat ini berbagai bank bisa memberikan kredit. Dan sekarang pemerintah sudah memiliki KUR,” kata Sofyan.

Meski demikian dia mengingatkan masyarakat untuk melakukan prinsip kehati-hatian dalam menarik pinjaman dari bank .

Pemerintah Bagikan 7.500 Sertifikat Tanah ke Masyarakat .