Manfaat Sukun Untuk Kesehatan

Berita medan – Manfaat Sukun Untuk Kesehatan .

Sukun (Artocarpus communis) adalah tanaman berbuah yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Malaysia dan Indonesia. Orang Eropa menyebut sukun sebagai Breadfruit. Hal ini dikarenakan buah sukun tidak berbiji serta memiliki bagian empuk yang mirip seperti roti. Buah sukun banyak diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Sukun digunakan sebagai sumber karbohidrat penting di daerah Pasifik dan biasa dikenal sebagai kuruulu, atau uru. Menurut laporan, karbohidrat yang terkandung dalam 100 g tepung sukun setara dengan karbohidrat pada 100 g beras.

Daun sukun sendiri banyak dimanfaatkan dalam pembuatan obat tradisional. Buah sukun diketahui memiliki berbagai jenis kandungan seperti vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi.  Pada kulit kayunya diketahui mengandung senyawa turunan flavonoid terprenilasi  yaitu artonol B dan sikloartobilosanton.

Manfaat sukun untuk kesehatan

Berbagai kandungan senyawa yang terdapat pada sukun tersebut terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai manfaat sukun:

  1. Kaya Kandungan Serat

Sukun mengandung serat yang tinggi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buat sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes. Selain itu konsumsi sukun dapat digunakan sebagai kontrol terhadap kadar gula darah. Kandungan serat pada sukun dapat membantu mengurangi penyerapan gula oleh tubuh.

 

  1. Sukun Sebagai Sumber Energi

Satu cangkir sukun mengandung sekitar 60 gram karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sukun dapat digunakan sebagai sumber energi.

  1. Konsumsi Sukun dapat Membuat Kenyang Lebih Lama

Sukun mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Sukun sangat tepat digunakan sebagai alternatif pengganti nasi. Bagi Anda yang ingin menjalani diet sehat, sukun dapat dijadikan pilihan tepat. Konsumsi buat sukun dapat meningkatkan asupan kalori serta rasa kenyang yang lebih lama. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah sukun Anda akan lebih aktif dan energik sepanjang hari !

  1. Diet Sehat

Buah sukun mengandung serat yang tinggi. Bagi penderita diabetes, buah sukun dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang akan melakukan diet. Hal ini disebabkan karena serat tinggi pada sukun mengandung kalori yang ideal sehingga bisa dijadikan daftar menu diet Anda.

  1. Mengatasi Susah Buang Air Besar
Baca Juga  Ini Dia Hal-Hal Yang Dapat Membuat Gigi Kuning Dan Hitam

Kandungan serat yang tinggi pada buah sukun dapat melancarkan buang air besar apabila rutin dikonsumsi. Kandungni juga dapat membantu mengeluarkan racun dari usus.

  1. Sumber Omega 6 dan Omega 3

Dalam berbagai studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah sukun dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan dalam sukun dapat dijadikan sebagai stimulus otak besar. Hal ini dikarenakan sukun mengandung asam lemak omega 3 dan 6 di dalam buah sukun.

  1. Antioksidan

Sukun mengandung vitamin C yang dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Antioksidan juga erat kaitannya dengan penuaan dini. Konsumsi buah sukun yang kaya akan vitamin C dapat membuat Anda tampak awet muda.

  1. Sukun Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung, Klesterol, dan Kardiovaskular

Sukun merupakan sumber kalium. Nutrien yang terkandung dalam sukun ini bagus bagi kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu kandungan nutrien dapat membantu mengantur denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Kandungan serat dalam sukun juga dapat membantu mengurangi kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan serat tinggi pada sukun dapat mencegah penyerapan di usus. Kadar kolesterol jahat (LDL) akan menurun sementara kolesterol baik (HDL) akan naik. Akibatnya jumlah trigliserida yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung akan menurun.

  1. Antikanker

Vitamin C pada buah sukun dapat berfungsi sebagai antioksidan karena dapat membuat Anda terhindar dari resiko kanker. Hal ini dapat menjadi perlindungan bagi sel tubuh Anda. Rusaknya sel-sel di dalam tubuh dapat menjadi pemicu awal munculnya penyakit kanker.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral Untuk Rambu

Sukun mengandung asam lemak omega 6 yang baik bagi kesehatan folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat, tidak mudah rontok, mencegah kebotakan, dan menguatkan akar rambut. Konsumsi buah sukun juga mampu mencegah ketombe yang sering muncul pada rambut.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan Omega 3 dan 6 pada buah sukun sangat baik bagi kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C pada sukun dapat menjadi nutrien untuk kesehatan kulit.

Baca Juga  Mitos mitos Kehamilan yang Ternyata Menyimpan Kebenaran
  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat sukun dapat dijadikan makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang kuat dan terjaga dapat membuat Anda terjaga dari penyakit.

  1. Mencegah Diare

Vitamin yang tinggi pada buah sukun dapat mencegah Anda dari penyakit diare. Vitamin dan mineral akan mampu mengusir bakteri yang dapat menjadi pemicu diare. Oleh karena itu, gejala diare dapat diminimalisir.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan Vitamin C pada sukun yang cukup tinggi dapat membantu produksi kolagen. Konsumsi jus buah sukun akan membuat kulit Anda akan terjaga tetap kencang dan tetap awet muda.

  1. Mencegah Radang Kulit Berlebihan

Ekstrak sukun segar dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan kulit. Ekstrak sukun dapat digunakan untuk mencegah produksi oksida nitrat berlebihan. Selain itu ekstrak sukun juga dapat berfungsi dalam menghambat antivitas enzim proinflamasi sehingga terjadinya peradangan pada kulit Anda dapat diminimalisir.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Baru

Kandungan antioksidan pada buah sukun sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan sel-sel baru. Bagi Anda yang ssering terkena paparan sinar matahari, zat antioksidan ini dapat memberikan perlindungan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kulit Anda akan tampak halus dan tetap awet muda!

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Buah sukun mengandung zat besi dalam jumlah moderat. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang folikel- folikel rambut. Akibatnya, pertumbuhan rambut dapat meningkat.

  1. Mencegah Kerusakan Rambut, Gatal- Gatal, dan Mengurangi Penyebab Ketombe

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 pada sukun dapat dijadikan sebagai sumber asam lemak. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rambut patah dan menjaga kondisi rambut secara alami. Asam lemak berperan untuk mengontrol prosukdi sebum pada kulit kepala sehingga masalah- masalah rambut seperti ketombe dan gatal- gatal dapat berkurang. Asam lemak juga berperan dalam menghambat kematian sel dan terjadinya peradangan pada kulit kepala. Akibatnya kerontokan rambut yang sering terjadi dapat dicegah.

  1. Sukun Mampu Menurunkan Kandungan Gula Darah

Hasil penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI menyebutkan bahwa sukun mengandung senyawa flavonoid berupa 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone yang dapat digunakan sebagai anti diabetes yang kuat. Senyawa flavonoid tersebut berhasil diisolasi oleh Puspa DN Lotulung, Andini Sundowo, Sofa Fajriah, dan Euis Filaila.  Penelitian lainnya dari UGM menunjukkan bahwa ekstrak daun sukun dapat membuat tikus jantan galur wistar yang sebelumnya diberi glukosa mengalami hiperglikemia. Dosis glukosa monohidrat sebesar 1,35 g per 200 g bobot tubuh dapat menyebabkan kandungan gula darah pada tikus meningkat dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.

  1. Mengobati Asam Urat
Baca Juga  Insomnia Mengganggu Waktu Tidur Anda di Malam Hari? Atasi Dengan 3 Minuman Sehat Ini

Sukun diketahui dapat mengobati asam urat. Segenggam daun sukun kering yang diseduh memiliki khasiat menyembuhkan asam urat. Kecenderungan rasa pahit pada daun sukun dapat dikurangi dengan menambahkan gula batu atau madu. Dauh sukun memiliki getah yang dapat menimbulkan rasa pahit apabila dikonsumsi.

  1. Mengobati Penyakit Ginjal

Daun sukun mengandung saponin, polifenol, asetilkolin, tannin, asam hidrosianat, kalium, riboflavin, dan phenol yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ginjal. Kandungan kalium yang terdapat pada ginjal akan membantu penghancuran Ca-oksalat sebagai penyebab utama batu ginjal. Ca-oksalat yang hancur kemudian akan larut dan bersama- sama diekskresikan melalui urin. Meski belum mampu dibuktikan secara ilmiah, tetapi penggunaan daun sukun pada pasien penyakit ginjal menunjukkan tanda- tanda perbaikan seperti berkurangnya kandungan protein dalam urine dan hilangnya pembengkakan.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi daun sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Caranya adalah dengan membuat seduhan air panas dengan egenggam daun sukun yang dikeringkan. Langkah ini mirip seperti cara membuat teh pada umumnya. Ramuan tersebut bisa diminum setiap hari.

Buah sukun yang terkesan biasa saja ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga daunnya karena terbukti dapat mengobati berbagai penyakit. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi Anda terhadap manfaat yang terkandung dalam sukun.

Manfaat Sukun Untuk Kesehatan

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Incoming search terms:

Silahkan komentar