Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Berita Medan-Manfaat Nanas Bagi Kesehatan . Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri sendiri. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan.

Beberapa manfaat nanas diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

1. Pencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

2. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

Top Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

3. Membantu Pencernaan

Seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan yang sangat penting dalam menjaga Anda teratur dan dalam menjaga kesehatan usus. Tapi tidak seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society.

4. Mencegah Hipertensi

Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, tentunya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti pisang . namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

5. Meredakan Mual

Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

Baca Juga  4 Tips Sehat Untuk Para Jomblo Saat Menghadapi Malam Minggu

6. Menguatkan Tulang

Tidak hanya  mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan

7. Menjaga Keelastisan Kulit

Nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru  pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

8. Memperbaiki Kulit Kaki

Buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

9. Melembabkan Kulit

Kandungan nanas mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan kulit. Kulit yang kering terlihat kusam dan tidak menarik. Manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Campur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang dihaluskan. Kemudian tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

10. Mengembalikan Kesehatan Bibir

Buah nanas dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Nanas serta minyak kelapa memberikan bersifat bergizi, yang menyembuhkan bibir pecah-pecah dan melunakkan bibr. Selain itu, campuran minyak kelapa dan nanas ini memberikan kilau alami pada bibir.

Baca Juga  Jangan Sepelekan Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

11. Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.