Manfaat Buah Dan Daun Belimbing Wuluh

Berita Medan-Manfaat Buah Dan Daun Belimbing Wuluh  . Manfaat belimbing wuluh sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan untuk menghasilakan rasa masam alami. Rasa asamnya juga sangat nikmat untuk dijadikan kudapan seperti rujak atau asinan namun, siapa sangka kalau belimbing wuluh memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan .

Berikut adalah manfaat belimbing wuluh yang sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

1. Mengobati Batuk

Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh.

Caranya : 3 Butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

Khusus untuk batuk rejan – Caranya : Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengatasi diabetes

6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari. Zat asam yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan diabetes pada tubuh.

Top Herbal Untuk Diabetes

3. Efektif untuk mengobati sakit gigi

Efek belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi untuk sementara sangat ampuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi berlubang.

4. Mengatasi Jerawat

Belimbing wuluh juga sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan mensamarkan jerawat yang ada di wajah.

5. Mengatasi Panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu secara bertahap. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut di panu yang terdapat pada kulit anda.

Baca Juga  Begini Cara Agar Tak Boros Saat Gaji Naik

6. Mencegah hipertensi

Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu dalam hal masalah tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah, cukup rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1 kali hingga tekanan darah berkurang.

7. Mengatasi sariawan

Memang cukup ekstrim jika menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan karena rasanya cukup perih jika dioles dengan buah ini. Namun banyak yang percaya bahwa ia efektif untuk menghilangkan sariawan secara cepat.

Beragam manfaat buah belimbing wuluh tentu masih sangat banyak peran dalam kesehatan, penelitian mengenai hal ini terus dikembangkan untuk membantu berbagai lapisan masyarakat.

Daun belimbing wuluh memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun belimbing wuluh :

  1. Sebagai pengobatan reumatik

Manfaat pertama dari daun belimbing wuluh terhadap kesehatan adalah daun belimbing wuluh mampu untuk menyembuhkan reumatik. Reumatik merupakan kondisi dimana penderitanya mengalami sakit pada bagian otot – otot tubuh tertentu, sehingga sulit untuk digerakan.

Biasanya reumatik ini muncul karena faktor usia dan juga kurangnya asupan gizi. Berikut ini cara memanfaatkan daun belimbing wuluh untuk mengobati reumatik :

  • Ambil dan cuci bersih segenggam daun belimbing wuluh
  • Tumbuk daun tersebut hingga halus
  • Tambahkan kapur sirih pada tumbukan daun tersebut
  • Olehskan campuran kapur sirih dan daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang teras sakit.
  1. Obat batuk

Manfaat berikutnya dari daun belimbing wuluh bagi kesehatan kita adalah daun belimbing wuluh dapat mengobati penyakit batuk yang anda derita. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah mengolah daun belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk :

Baca Juga  Musim Hujan Tiba, Lakukan 4 Hal Sederhana Ini Agar Tubuh Tidak Mudah Terkena Penyakit
  • Siapkan segenggam daun belimbing wuluh, bunga belimbing wuluh dan 2 buah belimbing wuluh
  • Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air, dan tambahkan gula batu secukupnya
  • Tunggu hingga mendidih dan airnya tersissa setengah
  • Saring, lalu minum ramuan tersebut.
  1. Menurunkan panas tinggi dan demam

Daun belimbing wuluh juga sangat bermanfaat untuk menurunkan panas demam. Dengan menggunakan dan memanfaatkan daun belimbing wuluh, maka panas yang diderita dapat reda. Caranya adalah dengan mengompres penderita panas demam dengan menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh.

  1. Mengobati diabetes

Daun belimbing wuluh juga memiliiki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes. Meskipun mungkin tidak akan sembuh secara total, namun paling tidak dengan konsumsi daun belimbing wuluh secara rutin, resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes dapa berkurang, dan gejala – gejala dari diabetes pun akan berkurang.

Top Herbal Untuk Diabetes
  1. Mengobati pegal linu

Anda merasakan pegal linu? Kalau begitu anda dapat mencoba daun belimbing wuluh untuk mengobati rrasa pegal linu yang anda alami. Cukup dengan membalurkan tumbukan dari daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

  1. Mengobati gatal – gatal dan gangguan pada kulit lainnya

Daun belimbing wuluh juga diyakini mampu untuk mengatasi gatal –gatal pada kulit, dan juga kondisi gangguan – gangguan kesehatan pada kulit anda. biasanya gangguan – gangguan tersebut dapat berupa :

  • Gigitan serangga
  • Jamur dan bakteri
  • Penyakit eksim, kutu air dan penyakit kulit lainnya.

Untuk mengobatinya, cukup mudah. Anda hanya tinggal mengoleskan tumbukan dari daun belimbing wuluh pada bagian tubuh anda yang mengalami gangguan kulit, untuk mengobati gangguan kulit tesebut.

  1. Mengobati jerawat

Anda mengalami jerawat yang sangat mengganggu penampilan? Kalau begitu, daun belimbing wuluh merupakan pilihan yang tepat untuk mengobati jerawat yang anda alami. Jerawat dan bisul dapat hilang dan disembuhkan dengan cara simple, yaitu oleskan tumbukan daun belimbing wuluh pada bagian kulit yang mengalami jerawat ataupun bagian tubuh lainnya yang mengalami pertumbuhan bisul.

  1. Menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri
Baca Juga  4 Tips Sehat Untuk Para Jomblo Saat Menghadapi Malam Minggu

Daun belimbing wuluh memiliki banyak senyawa – senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu senyawa dari daun buah belimbing wuluh yang baik adalah flavonoid. Senyawa yang terkandung dalam daun belimbing wuluh ini sangat efektif dan memiliki efek yang cukup baik untuk menghambat pertumbuhan beberapa bakteri pada tubuh, seperti :

  • Staphylococcus Aureus
  • Bacillus Cereus
  • COrney Bacterium Dipthera
  1. Dapat meredakan peradangan

Rebusan dari daun belimbing wuluh memiliki manfaat yang baik dalam hal meredakan peradangan. Hal ini disebabkan oleh efek anti pireutik yang dimiliki oleh rebusan dari daun belimbing wuluh. Dengan ini, anda dapat meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh anda.

  1. Membersihkan bahan akrilik

Daun belimbing wuluh juga memiliiki manfaat lain selain dari segi kesehatan. Manfaat tersebut adalah, daun belimbing wuluh mampu menjadi salah satu media pembersih bahan akrilik.

  1. Membersihkan gigi palsu

Daun belimbing wuluh juga memiliki manfaat lainyang mungkin belum anda ketahui. Manfaat lain tersebut adalah, bbahwa daun belimbing wuluh mapu untuk membersihkan gigi palsu yang anda miliki secara efektif. Hal in iakan membantu perawatn gigi palsu anda, agar menjadi lebih bersih, putih dan juga sehat.

Manfaat Buah Dan Daun Belimbing Wuluh .

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar