Ketahui Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Wikimedan – Tidur merupakan salah satu proses terpenting bagi tubuh. Setelah lelah berkegiatan seharian, tubuh akan beristirahat dan merefresh sistem syaraf tubuh dengan tidur. Sehingga bisa dibilang tidur merupakan salah satu proses terpenting bagi tubuh. Karena tidak hanya dapat mengistirahatkan tubuh saja ketika tidur pada malam hari, tapi juga dapat merefresh otak agar dapat segar kembali keesokan harinya dan dapat menjalankan aktifitas seperti biasa. Ada beberapa orang yang dapat tidur dengan lampu temaram, tapi juga ada beberapa orang yang tidak dapat tidur dalam keadaan gelap, sehingga mereka akan tetap menyalakan lampu pada saat tidur. Tapi kamu wajib ketahui bahaya tidur dengan lampu menyala.

Meski terlihat sederhana, namun ternyata bahaya tidur dengan lampu menyala tidak bisa dipandang sebelah mata. Sehingga perlu diwaspadai dan mengubah kebiasaan buruk ini dengan tidak lagi menyalakan lampu semalaman pada saat tidur malam. Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahayanya menyalakan lampu pada saat tidur, sehingga masih banyak yang tidak menyadari dan tetap menyalakan lampu mereka pada saat tidur.

Ada beberapa alasan yang membuat banyak orang lebih memilih untuk tidur dengan lampu menyala sepanjang malam. Mulai dari takut dengan kegelapan, hantu atau pun tidak merasa nyaman jika berada di ruangan gelap sehingga tidak dapat tertidur dengan nyenyak. Padahal justru lampu yang menyala sepanjang malam dapat membuat tidur menjadi semakin tidak nyenyak.

Untuk Itu Kenali Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala Sepanjang Malam

  1. Membuat Tidur Kurang Nyanyak

Jika banyak orang yang beranggapan tidur dengan lampu menyala dapat membuat tidur nyenyak, anggapan ini sebenarnya salah dan tidak tepat. Karena tidur dengan lampu menyala justru dapat mengurangi kualitas tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan hormon sintesis dan sekresi hormon melatonin yang disebabkan oleh kelenjar pineal akan meningkat pada malam hari. Hormon inilah yang nantinya akan menyebabkan kita merasakan ngantuk di malam hari, dan membuat kita ingin tidur. Lampu yang terus menyala pada saat tidur di malam hari ini mampu meningkatkan hormon tersebut menjadi dua kali lipat. Sehingga dapat menyebabkan rasa lelah dan ngantuk meningkat dari pada biasanya. Sehingga meski telah tidur semalaman, biasanya rasa lelah tetap akan mengganggu di pagi hari sehingga membuat tubuh tidak kembali segar meski sudah istirahat dan tidur dengan cukup di malam hari.

Baca Juga  Manfaat Akar Bayam untuk Keputihan

 

  1. Membuat Mata Menjadi Kram

Lampu yang dibiarkan tetap menyala dapat mengakibatkan mata menjadi kram. Karena cahaya lampu sekecil apa pun mampu masuk ke dalam mata meski mata dalam kondisi terpejam pada saat tidur. Sehingga kondisi seperti ini jika diteruskan dapat membuat mata menjadi kram dan merasa lelah meski sudah tidur semalaman.

 

  1. Mengurangi Sistem Kekebalan Tubuh

Cahaya ultraviolet yang berasal dari lampu yang menyala, meski kadarnya kecil perlahan juga mampu membuat daya tahan tubuh menjadi berkurang. Sehingga sistem kekebalan tubuh sedkit demi sedikit terganggu dan membuat penyakit lebih mudah menyerang tubuh.

 

Bagi kamu yang suka melakukan kebiasaan kecil ini, kenali bahaya tidur dengan lampu menyala sepanjang malam. Karena meski kebiasaan ini terlihat sederhana namun rupanya kebiasaan ini memiliki dampak negatife yang patut untuk dihindari. Selain dapat menghindari bahaya yang dapat mengancam, tapi juga dapat memberikan kualitas istirahat yang baik. Maka dari itu, mulailah untuk mengubah kebiasaan ini ya!