Kelebihan Lemak di Perut Picu Kanker Payudara

Wikimedan – Kelebihan Lemak di Perut Picu Kanker Payudara . Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita premenopause yang memiliki kelebihan lemak di sekitar perut, atau memiliki ukuran pinggang yang lebih besar dari ukuran pinggul, memiliki resiko lebih tinggi terkena jenis tertentu dari kanker payudara, yakni reseptor estrogen (ER) negatif.

Pada tahun 2010, diperkirakan 207.090 perempuan di AS didiagnosis bahwa mereka menderita kanker payudara invasif. Sedangkan 54.010 kasus lainnya didiagnosis kanker payudara non-invasif.

Kabar baiknya adalah kasus kanker payudara telah mengalami penurunan hampir 2% per tahun, begitu juga dengan tingkat kematiannya.

Para dokter menyatakan bahwa banyak tumor payudara sensitif terhadap hormon estrogen. Kesimpulan ini didukung laporan patologi yang dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kanker yang terjadi pada pasien.

Kanker reseptor estrogen negatif terjadi ketika kanker kekurangan reseptor untuk hormon estrogen. Dalam kasus ini hormon tidak merangsang pertumbuhan kanker.

Sedangkan kanker reseptor estrogen positif adalah kondisi dimana pertumbuhan sel kanker dipengaruhi oleh estrogen, dan responsif terhadap pengobatan dengan tamoxifen karena obat ini memblok interaksi antara estrogen dan reseptor estrogen.

Tim peneliti mengatakan bahwa komposisi lemak tubuh memiliki hubungan dengan resiko kanker. Memiliki BMI yang lebih tinggi misalnya, dikaitkan dengan kenaikan resiko kanker payudara pascamenopause, tapi tidak untuk kanker premenopause.

Dalam penelitian lebih baru, tim peneliti berfokus pada data lebih dari 116.000 perempuan yang terdaftar dalam studi sebelumnya yang telah dicatat lingkar pinggang dan pinggul.

Wanita premenopause yang memiliki lemak ekstra di sekitar organ di daerah perut lebih mungkin untuk mengembangkan hyperinsulinemia (kondisi pra-diabetes).

Percobaan di laboratorium telah menunjukkan bahwa reseptor insulin dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

Baca Juga  8 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Tubuh

Fakta bahwa kanker payudara ER-negatif lebih terkait dengan lemak di perut dan rasio lingkar pinggang-pinggul dari kanker payudara ER-positif membuat para ahli berpikir bahwa distribusi lemak tubuh terkait dengan hormon seks.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa lemak di perut mungkin bisa memicu munculnya kanker payudara pada wanita premenopause.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Incoming search terms:

Silahkan komentar