Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Meluas

Wikimedan.com .Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Meluas .Kebakaran Lahan Gambut di Ogan Ilir, Sumatera Selatan semakin meluas. Hari ini, Minggu (6/8/2017), lahan di sekitar lokasi perusahaan pengolahan sawit PT GON musnah terbakar.

Kebakaran lahan yang terjadi dalam dua minggu belakangan ini di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mulai memberikan dampak. Meski masih tipis namun kabut asap mulai terlihat di sejumlah titik di wilayah Ogan Ilir.

Asap tebal sisa kebakaran terlihat membumbung tinggi dari kejauhan. Asap yang membumbung tinggi itu membuat udara di sekitar lokasi yang terbakar menjadi kotor dan pengap.

Mahyudin, warga Indralaya, Ogan Ilir mengatakan, ia mulai merasakan adanya kabut asap sejak tiga hari lalu. Adanya kabut asap itu sangat terasa saat ia menarik napas, kedua mata Mahyudin juga terasa perih saat ia keluar rumah.“Asap mulai terasa saat menarik napas, kedua mata saya juga mulai perih,” katanya.

Mahyudin berharap agar kebakaran lahan dapat segera diatasi agar kabut asap tidak menjadi-jadi seperti beberapa tahun lalu.

Baca Juga  Resmi Dilantik, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara dan Kota Medan Periode 2017-2022

Kepala BPBD Ogan Ilir Ahmad Syakroni yang coba dikonfirmasi soal munculnya kabut asap ini telepon selularnya tidak bisa dihubungi.

Kabut asap terlihat di lokasi komlpek perkantoran Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai. Kabut asat juga terlihat di jalan tol Palindra sehingga pintu gerbang tol yang lagi dibangun terlihat samar.

Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya juga terlihat diselimuti kabut asap dari kejauhan. Wilayah lain seperti komplek pabrik keramik yang ada di kecamatan indralaya utara dan lahan kebun karet warga juga tertutup selimut asap dari kejauhan.

Lokasi lahan yang terbakar tidak jauh dari sisi jalan lintas timur Palembang-Ogan Ilir dan masuk dalam wilayah Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara.

Api kebakaran terlihat jelas melalap rumut dan semak yang berada di atas lahan gambut di sekitar lokasi PT GON.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Muhammad Arief Rivai terjun langsung memantau kebakaran lahan sembari memberi instruksi kepada anggotanya untuk terus berusaha memadamkan api.

Baca Juga  Petani di Aceh Ditangkap Saat Bawa Ganja 480 kg

Anggota Manggala Agni bersama personel BPBD Ogan Ilir, BPBD Sumsel dan Tni-Polri telihat bersama-sama memadamkan api yang membakar lahan yang berada di sisi kolam milik PT GON.

Kapolres Muhammad Arief Rivai mengatakan, ada tiga titik lokasi yang terbakar di sekitar jalintim Palembang-Ogan Ilir hari ini. Sedangkan luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 50 hektar.

Kapolres menambahkan, api yang membakar hari ini berasal dari kebakaran kemarin yang belum bisa dipadamkan, dan diduga ada unsur kesengajaan.

“Di lokasi segera kami pasang garis polisi dan pemilik lahan akan kami panggil secepatnya untuk dimintai keterangan,” kata Rivai.

Sementara dari pantauan kebakaran hari ini terhitung luas dan masif. Titik api muncul di sejumlah lokasi dengan jarak yang berdekatan. Kebakaran juga menimbulkan asap tebal membumbung tinggi ke udara.

Diketahui, daerah di Kabupaten OI yang sering terbakar belakangan ini yakni di Kecamatan Pemulutan Barat. Tercatat, ada tujuh desa di kecamatan tersebut yang mengalami kebakaran lahan sejak satu bulan terakhir. Desa-desa tersebut yakni Ulak Petangisan, Ulak Kembahang II, Talang Pangeran Ilir, Talang Pangeran Ulu, Seribanding, Pulau Negara dan Arisan Jaya. Camat Pemulutan Barat, Muhammad Zen ketika dikonfirmasi, membenarkan jumlah desa tersebut telah menghasilkan kabut asap. “Ya, kita sekarang sedang berkoordinasi dengan Kepolisian Resor (Polres) OI, Kodim untuk pencegahan kebakaran ini,” pungkasnya.

Baca Juga  Klasemen Terketat dalam Sejarah MotoGP

“Jangan pakai cara yang instan, lahan dibasahi dengan bensin, dibakar, lalu ditinggalkan. Ini kan namanya disengaja, tidak bisa seperti itu,” tegas Arief. Selain mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan, Arief juga mengajak masyakarat ikut mengawasi aksi pembakaran lahan. “Ini (penanggulangan karhutla) tidak hanya tugas Polri dan TNI, masyarakat juga harus ambil peran,” tukasnya

Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Meluas

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar