Inilah Bahaya Jika Terlalu Lama Tidur Mulai Dari Obesitas Sampai Diabetes,

Wikimedan – Inilah Bahaya Jika Terlalu Lama Tidur Mulai Dari Obesitas Sampai Diabetes,

Pada dasarnya tidur adalah aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan.

Tidak hanya mengistirahatkan tubuh, namun tidur juga bermanfaat untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik, meningkatkan kapasitas memori, dan lain sebagainya.

Namun, tahukah anda apa yang terjadi apabila tidur terlalu lama?. Sama seperti hal lainnya, tidur secara berlebihan sangatlah merugikan tubuh.

Apa sajakah itu?. Temukan jawabannya berikut ini seperti yang dilansir dari laman Top10remedies.

1.Menyebabkan masalah jantung

Ketika anda terlalu banyak tidur, organ pertama yang terancam bahaya adalah jantung. Menurut penelitian pada tahun 2013, seperti yang diterbitkan American Journal of Cardiology mengungkapkan jika waktu tidur lama bisa meningkatkan risiko pengembangan bilik kiri atau massa ventrikel.

Baca Juga  8 Manfaat Menakjubkan Buah Semangka

Ketika bilik kiri jantung sudah tebal, maka risiko mengalami gagal jantung juga semakin besar.

Di tahun 2015 ada penelitian baru yang diterbitkan Neurology mengungkapkan jika tidur pendeng mampu meningkatkan risiko penyakit stroke hingga 18%, sedangkan terlalu lama tidur bisa meningkatkan risiko stroke sampai 46%.  Hal ini didapat sesudah menyesuaikan dengan beberapa faktor enyebab kardiovaskular konvensional.

  1. Memicu depresi

Tidur bisa mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Terlalu lama tidur bisa menyebabkan minimnya aktifitas fisik yang dilakukan. Padahal, aktifitas fisik berperan penting dalam meningkatkan neurotransmiter dopamin dan serotonin. Keduanya berfungsi untuk memperbaiki mood seseorang.

Penelitian tahun 2014 silam, yang diterbitkan pada Jurnal of Clinicial Psychiatry mengungkapkan jika tidur terlalu panjang dan singkap bisa mengakibatkan kesemasan kronis dan gejala depresi.

Baca Juga  4 Tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan pengaturan waktu tidur yang tepat.

3.Mengalami obesitas

Ketika anda tidur terlalu lama, dan melebihi batas tidur yang seharusnya. Maka selama itu juga tubuh tidak melakukan aktifitas ataupun, bisa juga dikatakan sedang tidak aktif.

Maka dari itu, tidak heran apabila proses pembakaran kalori dalam tubuh hanyalah sedikit. Dengan demikian, risiko penambahan berat badan juga meningkat.

Menurut penelitian pada tahun 2010 lalu yang dipublikasikan dalam Social Science & Medicine mengungkapkan, jika tidur 8 jam lebih hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes, kardiovaskular, hipertensi, dan obesitas.

Demikianlah beberapa efek negatif dari terlalu lama tidur. Cukup berbahaya kan?, oleh sebab itu mulai sekarang batasilah jam tidur harian anda. Itulah beberapa akibat Bahaya Jika Terlalu Lama Tidur . Selalu jaga kesehatan mu ya guys.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!
Baca Juga  Cara Diet Sehat dan Alami

Silahkan komentar