Inilah 3 Penyebab Mengapa Perut Terasa Mules Ketika Berolahraga

Wikimedan – Inilah 3 Penyebab Mengapa Perut Terasa Mules Ketika Berolahraga

sakit perut ketika olahraga

Image by: bloglucilleroberts.com

Pasti anda pernah donk, mengalami yang namanya ingin buang air besar ketika seru-serunya berolahraga, padahal anda sama sekali belum mengonsumsi makanan apapun?. Jika pernah, anda tidak perlu merasa khawatir, karena hal ini masih wajar dan sering dialami oleh sebagian besar orang.

Kondisi seperti ini seringkali membuat orang kebingungan, antara pergi ke toilet atau meneruskan olahraganya.Keinginan untuk buang air besar ketika berolahraga, disebabkan oleh beberapa gerakan yang mempengaruhi sistem pencernaan tubuh.

Mengutip dari laman Health, berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat seseorang ingin buang air besar saat olahraga. Hal ini dijelaskan oleh Nancy Clark, RD seorang ahli nutrisi olahraga.

  1. Perubahan aliran darah

Ketika melakukan olahraga, tubuh mefokuskan sebagian besar aliran darah menuju ke otot sehingga prioritas menuju ke sistem pencernaan menjadi lebih rendah. Terlebih lagi apabila gerakan yang dilakukan terlalu dipaksakan.

Baca Juga  Musim Hujan Tiba, Lakukan 4 Hal Sederhana Ini Agar Tubuh Tidak Mudah Terkena Penyakit

Jika tidak terkendalikan, hal ini mampu menyebabkan diare. Pada umumnya, diare dialami oleh pelari pemula yan langsun memaksakan diri berlari cepat, padahal ia masih belum terbiasa.

Jika anda berolahraga langsung dipaksaka, hal ini bisa saja memicu terjadinya penyakit Crohn atau sindrom iritasi susu besar.

  1. Salah mengonsumsi makanan

Jika anda ingin mengonsumsi makanan sebelum olahraga, sebaiknya lakukan 2 jam sebelumnya. Perhatikan juga porsi makanan yang akan anda konsumsi, dan pilihlah jenis yang memiliki kandungan serat cukup tinggi, misalnya buah-buahan dan sayuran.

Makanan yang sehat dikonsumsi sebeleum olahraga adalah roti pangang yang diolesi selai kacang, oatmeal, granola bars, dan pisang. Kebanyakan makan sebelum olahraga bisa juga memicu terjadinya kram, dorongan kuat untuk BAB, dan gas.

Baca Juga  4 Kebiasaan Sehari hari yang Memiliki Dampak Sangat Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

3.Usus semakin banyak melakukan gerakan

Perlu anda sadari, jika semakin banyak gerakan yang dilakukan ketika olahraga, ternyata semakin banyak juga gerakan yang dilakukan oleh usus. Gerakan pada usus tersebut bisa memengaruhi pencernaan, sebab membantu memindahkan gas, kotoran, dan makanan di sepanjang saluran pencernaan.

Kondisi ini menjadikan sisa makanan jauh lebih cepat tiba di usus besar yang selanjutnya akan dibuang. Hal inilah juga menjadi alasan dokter mengapa merekomendasikan pasien sembelit kronis supaya rutin melakukan olahraga.

Jika anda tidak ingin segera buang air besar, maka lakukan gerakan kecil yang stabil ketika berolahraga. Inilah 3 Penyebab Mengapa Perut Terasa Mules Ketika Berolahraga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua, jangan lupa share ke yang lain ya.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!
Baca Juga  Wajib Tahu! 5 Kebiasaan Sehari hari yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Incoming search terms:

Silahkan komentar