Indonesia secara resmi akan melarang Bitcoin dan Cryptocurrencies lainnya

Berita medan – Indonesia secara resmi akan melarang Bitcoin dan Cryptocurrencies lainnya

Indonesia secara resmi akan melarang Bitcoin . Banyak negara di dunia sedang mempertimbangkan bagaimana mereka harus memperlakukan Bitcoin dan kripto yang lain. Mengambil tindakan jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, dan keputusan semacam itu perlu dicapai dengan hati-hati. Selama di Indonesia, sepertinya larangan lengkap terhadap semua kripto darurat sudah dekat. Ini adalah perkembangan yang tidak menguntungkan, namun tetap harus dilihat seberapa efektif  larangan tersebut dapat terjadi.

 

INDONESIA TIDAK DIPERLUKAN PADA CRYPTOCURRENCIES

Beberapa tahun terakhir ini telah dipenuhi dengan kesulitan untuk melakukan kripto-kardiak yang mencoba membuat dampak global. Entah itu Bitcoin atau yang lainnya sama sekali, ada banyak tentangan dari sektor keuangan dan pemerintah. Mengingat sifat Bitcoin dan cryptocurrencies yang tidak diatur dan tidak terkendali, terbukti ada banyak risiko yang terkait dengan bentuk uang baru ini. Pada saat bersamaan, ada banyak peluang baru yang menunggu untuk dieksplorasi oleh mereka yang cukup berani untuk terjun.

Tampaknya Indonesia tidak akan berada di antara negara-negara yang memberi kesempatan terjadinya kripto pencurian. Lebih khusus lagi, Bank Indonesia berencana untuk melarang semua aktivitas terkait Bitcoin di negara ini. Tidak jelas mengapa bank sentral memutuskan untuk melakukan tindakan ini, mengingat kripto di daerah tidak begitu populer di negara ini. Banyak orang akan melihat larangan ini karena mencerminkan ketakutan pemerintah untuk mengizinkan konsumen mengendalikan uang mereka setiap saat. Karena tidak ada bank atau pemerintah yang bisa mengendalikan Bitcoin secara efektif, oposisi semacam itu tidak terduga.

Meskipun teknologi digital sangat diminati oleh pemerintah Indonesia, namun juga melihat kripto dalam cahaya yang sama sekali berbeda. Ada tingkat ketidakpastian yang tinggi terkait model ekonomi ini, dan investor perlu dilindungi dari kerugian finansial. Bitcoin dan altcoin merupakan perubahan mendasar di sektor keuangan yang akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Membuat keputusan yang tepat mengenai topik ini tidaklah mudah, namun mengenalkan larangan penuh mungkin belum tentu merupakan tindakan terbaik. Bank Indonesia bertujuan untuk melestarikan kedaulatan rupiah sebagai pelelangan hukum di negara tersebut, yang merupakan sesuatu yang setiap orang akan setujui dan terima.

Baca Juga  Wow ! Bitcoin Melambung dari Rp 12 Juta ke Rp 75 Juta dalam 2017

Namun, Bitcoin dapat dengan mudah hidup berdampingan dengan rupiah tanpa mengakui yang pertama sebagai tender resmi di Indonesia. Secara resmi melarang bentuk uang baru ini akan menjadi preseden yang tidak menguntungkan. Pertanyaan besarnya adalah apakah tindakan semacam itu akan berhasil dalam jangka panjang atau tidak. Orang akan menemukan cara untuk mengakses cryptocurrency dengan atau tanpa persetujuan pemerintah. Satu hal yang layak ditunjukkan tentang larangan ini adalah bahwa hal itu akan sama absolutnya dengan kemungkinan manusiawi.

Tidak akan ada peluang arbitrase, kontrol bisnis, atau praktik bisnis yang tidak sehat dari pihak orang yang berada di luar jangkauan hukum pemerintah Indonesia. Hal ini tentu saja membuat nada kriptocurrency di negara ini, meski masih merupakan keputusan yang tidak menguntungkan. Indonesia adalah salah satu tempat di mana Bitcoin berpotensi melakukan banyak kebaikan jika pemerintah hanya memberikannya kesempatan.

Pertanyaan lain yang patut ditanyakan adalah apakah pemegang saham Bitcoin di Indonesia akan menjual mata uangnya atau hanya menahannya. Mengubahnya menjadi rupiah akan menjadi tidak mungkin lagi, dan tidak akan ada cara untuk membelanjakannya. Yakinlah akan ada beberapa entitas yang akan menemukan cara kreatif untuk menghindari larangan ini, dengan asumsi hal itu akan diimplementasikan di tempat pertama. Untuk saat ini, bank sentral negara tersebut belum menyatakan kapan akan berusaha menerapkan peraturan baru ini, yang menciptakan keraguan dan ketidakpastian lebih lanjut.

 

Sumber : https://themerkle.com/indonesia-will-officially-ban-bitcoin-and-other-cryptocurrencies/