Hindari Diabetes Saat Hamil Dengan 3 Olahraga Ringan Ini

Wikimedan – Hindari Diabetes Saat Hamil Dengan 3 Olahraga Ringan Ini

Selama kehamilan kadar glukosa di dalam tubuh bisa saja naik secara drastis. Kondisi seperti ini lebih dikenal dengan nama diabetes gestasional. Pada umumnya, kadar gula darah kembali menjadi normal sesudah melahirkan.

Akan tetapi kondisi ibu hamil yang tengah mengalami diabetes, sudah seharusnya bena-benar diperhatikan. Untuk bisa mengendalikan kadar gula di dalam tubuh, seorang ibu hamil harus mau rutin berolahraga.

Olahraga bagi penderita diabetes getasional adalah aktivitas fisik yang harus dilakukan selama dan sebelum kehamilan, supaya manfaatnya bisa dirasakan secara menyeluruh. Biasanya, pilihan olahraga yang dipilih bukanlah aktifitas fisik berat.

 

hindari diabetes saat hamil

Image by: nourish-mindbodysoul.co.uk

Bagi anda penderita diabetes gestasional, sangat disarankan mencoba beberapa aktifitas fisik berikut ini.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olaraga yang bisa mengendalikan kadar gula darah. Karena dengan berenang kita bisa memperkuat sebagian besar otot di dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh lebih terjami.

Berenang juga bisa menjadikan tubuh lebih efektif saat menyrap nutrisi dan oksigen di bagian sel otot. Tidak hanya itu saja, berenang akan membuat kita menggerakan seluruh anggota tubuh namun tak memberi beban pada lutut.

  1. Sepeda statis

Ketika anda sedang hamil dan ingin mencoba melakukan olahraga, maka pilihan yang pertama adalah sepeda statsi. Aktivitas seperti ini akan menggerakan otot-otot besar. Misalnya saja otot tangan dan otot kaki.

Olahraga dengan sepeda statis bisa membakar lebih banyak kalori dan menjaga keseimbangan tubuh.Anda bisa menangkal diabetes sekaligus menjaga berat  tubuh agar tetap ideal.

  1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga ringan yang mampu mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Jalan kaki bermanfaat untuk mengurangi jumlah produksi glukosa dari hati bagi penderita obesitas. Tidak hanya itu saja, jalan kaki bisa juga meningkatkan sensitivitas insulin sampai 12-24 jam sesudahnya.

Baca Juga  Manfaat Madu Murni Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahkan, jalan kaki akan meningkatkan jumlah kolesterol baik, HDL di dalam darah. Silahkan jalan kaki di sekitar rumah anda saat pagi hari, menghirup udara pagi sambil jalan kaki tentunya sangat baik bagi kesehatan.