Hati-hati! Menonton Televisi Dalam Waktu yang Lama Meningkatkan Resiko Pembekuan Darah

 

WikimedanHati-hati! Menonton Televisi Dalam Waktu yang Lama Meningkatkan Resiko Pembekuan Darah

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan resiko terjadinya pembekuan darah bagi orang yang terlalu lama menonton televisi.

Ketika menonton televisi, seseorang akan cenderung duduk dalam waktu yang cukup lama. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu pembekuan darah.

Resiko tersebut akan semakin meningkat ketika menonton televisi sambil menikmati cemilan, seperti yang dilansir dari Boldsky.

Menurut fakta yang berhasil ditemukan peneliti, terlalu lama melihat televisi akan meningkatkan pembekuan darah di pembuluh darah lengan, kaki, panggul, dan juga paru-paru yang dikenal dengan sebutan tromboemboli vena.

Resiko ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya waktu yang digunakan untuk menonton televisi.

Selama penelitian berlangsung, para peneliti melakukan penelitian kepada 15.158 peserta yang berusia 45 dan 64 tahun.

Selama penelitian, peneliti menemukan jika mereka yang terlalu lama menonton televisi mempunyai resiko 1,7 x lebih tinggi terkena pembekuan darah daripada mereka yang tidak pernah atau jarang menonton televisi.

Fakta tersebut belum lama ini dipresentasikan di California pada Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika.

Untuk mencegah resiko terjadinya pembekuan darah, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi secara rutin.

  1. Jus anggur

Anggur adalah buah yang memiliki kandungan flavonoid, kandungan ini bermanfaat untuk membantu memproduksi platelet darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa minum jus angur dalam jumlah sedang.

  1. Bawang Putih

Di dalam bawang putih terkandung senyawa allicin yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, bawang putih juga mengandung sifat-sifat pengenceran darah.

Carannya cukup mudah, secara rutin konsumsilah bawang putih atau minumlah pasta yang dibuat dari 1-2 siung bawang putih saat pagi hari. Hal ini akan membantu anda dalam mencegah pembekuan darah.

  1. Kiwi

Buah selanjutnya yang bisa anda konsumsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah adalah kiwi. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan rutin mengkonsumsinya saja. Menariknya lagi, buah kiri juga ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga  7 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan dari Bercinta

 

Itulah beberapa keterangan tentang menonton televisi dalam waktu yang lama dan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah resiko terjadinya pembekuan darah.Semoga bermanfaat