Diam Ternyata Bermanfaat Besar Untuk Kesehatan

Berita medan – Diam Ternyata Bermanfaat Besar Untuk Kesehatan . Ada sebagian orang tidak menyukai lingkungan yang sunyi atau kesepian. Namun sebagian lainnya berharap bisa menghabiskan waktu hanya dengan pikiran mereka, mencari keheningan, seolah menanti sebuah kejutan. Memang,  diam menawarkan keuntungan besar, ternyata banyak yang bahkan tidak kita sadari.

Diam baik untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan
Selain membuat telinga kita istirahat, diam terbukti memberi keuntungan kesehatan yang signifikan yang meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Dari sudut pandang fisiologis, kesunyian membantu:

  • Tekanan darah rendah, yang bisa membantu mencegah serangan jantung.
  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Manfaatkan kimia otak dengan menumbuhkan sel baru. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa dua jam keheningan bisa menciptakan sel baru di wilayah hippocampus, area otak yang terkait dengan belajar, mengingat, dan emosi.
  • Turunkan stres dengan menurunkan kadar kortisol darah dan adrenalin. Selanjutnya, menurut sebuah penelitian di Hearttahun 2006, dua menit diam mengurangi ketegangan di tubuh dan otak dan lebih santai daripada mendengarkan musik. Hal ini disebabkan adanya perubahan tekanan darah dan peredaran darah di otak.
  • Meningkatkan regulasi hormon yang baik dan interaksi sistem hormon-relasi tubuh.
  • Mencegah terbentuknya plak di arteri.

Dengan meminjamkan kepercayaan pada pengamatan ini, sains sekarang menyadari efek berbahaya dari polusi suara pada kesehatan manusia dan kognisi.

Diam juga meningkatkan manfaat psikologis dan emosional
Beristirahat sejenak dari kesulitan di rumah, kerja atau sekolah seringkali paling baik dilakukan dengan pilihan sadar untuk menghibur diri dengan keheningan. Tanpa gangguan perangkat teknologi, dering telepon, pesan masuk, tugas atau tugas yang tak terduga, atau tuntutan anak-anak, rekan kerja, anggota keluarga dan teman, lebih mudah menenangkan pikiran dan mengembalikan keseimbangan.

Baca Juga  Jangan Letakkan Ponsel di Tempat Ini

Diam dapat membantu dalam area berikut:

  • Kreativitas– Bila memungkinkan pikiran untuk pergi ke tempat yang mereka inginkan, inspirasi mungkin akan meledak. Solusi untuk masalah saat ini atau yang sudah lama bisa tiba-tiba terjadi pada Anda, atau pendekatan sekitar atau inovatif mungkin tampak lebih memungkinkan. Gagasan untuk melangkah ke arah yang berbeda bisa menyatu, membantu membangun momentum dan kegembiraan untuk memintanya masuk ke jalan potensial lain untuk dikejar.
  • Kesadaran akan diri dan lingkungan– Setelah Anda merasa nyaman dalam kesunyian, Anda akan melihat adanya pergeseran yang berbeda dalam kemampuan Anda untuk lebih sadar diri. Selain itu, Anda bisa lebih menghargai dunia di sekitar Anda, termasuk lingkungan sekitar Anda.
  • Refleksi– Diam memungkinkan jenis refleksi yang berada di luar introspeksi belaka. Ini meningkatkan kemampuan untuk menghubungkan benang di dunia yang tampaknya tidak terorganisir dan terputus-putus. Setelah bermeditasi, Anda mungkin lebih termotivasi untuk memperbaiki hubungan yang signifikan yang telah menjadi tegang, memulai sebuah program peningkatan diri, mengejar jalur karir yang lebih menantang, san bersumpah untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.
  • Sensitivitas terhadap aliran kekuatan hidup– Sebagai organisme hidup, menyadari esensi Anda, aliran kekuatan hidup Anda penting untuk memaksimalkan potensi dan dampak Anda pada orang-orang yang paling dekat dengan Anda. Tidak ada yang ada dalam ruang hampa. Kita semua adalah anggota spesies manusia. Dengan demikian, kekuatan hidup kita memisahkan kita dari semua spesies lainnya.
  • Insomnia– Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, orang dewasa yang mengalami insomnia menemukan kelegaan dalam bentuk peningkatan kualitas tidur dan penurunan waktu siang hari setelah menjalani intervensi meditasi kesadaran enam minggu.
Baca Juga  Manfaat Buah Gandaria

Diam untuk menghibur diri
Hilang dengan cara mudah untuk berlatih dalam menghibur keheningan? Hal ini tidak sesulit yang Anda duga, dan setiap orang bisa mulai menumbuhkan keheningan untuk membantu kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Cobalah beberapa saran berikut ini:

  • Mintalah seorang teman untuk berjalan-jalan di luar alam. Kemudian, pastikan untuk berjalan setidaknya sebagian dari cara dalam saling membungkam. Anda juga bisa berjalan solo untuk mendapatkan lebih banyak selaras dengan alam dan membiarkan pikiran Anda beristirahat dengan tenang.
  • Tetap di tempat tidur ekstra 5 menit sebelum bangun. Gunakan waktu ini untuk perlahan membangunkan dunia, berjemur di tempat tidur yang sunyi, membiarkan pikiran membasahi Anda. Ucapkan doa syukur yang diam untuk semua yang Anda miliki dan mintalah berkat untuk hari ke depan.
  • Terlibat dalam latihan pernapasan dalam. Ini membantu menenangkan pikiran dan menenangkannya pada saat bersamaan.
  • Merenungkan. Praktik ini bisa menjadi apapun yang Anda inginkan, dari yang sederhana sampai yang lebih rumit. Ajari diri Anda atau bergabunglah dengan kelas, apa pun yang sesuai dengan keinginan Anda untuk diam-diam mengikuti pikiran Anda.

Diam Ternyata Bermanfaat Besar Untuk Kesehatan .