Cek Waktu Ngemil Paling Tepat yang Aman Menurut Ahli Gizi, Berikut Ini

Wikimedan.com – Sebagian masyarakat saat ini paling suka ngemil. Semua yang terlihat lezat dan sedang hits, langsung menjadi buruan, difoto, lalu dimakan. Begitu juga dengan camilan.

Sampai sekarang ini, masyarakat Indonesia nampaknya masih saja menyukai beberapa camilan seperti gorengan dan makanan yang mengandung banyak penyedap rasa. Alasannya sudah bisa ditebak, yaitu harganya terjangkau dan citarasanya menggugah selera.

Hal ini juga menjadi alasan bagi mereka mengapa kurang menyukai camilan sehat, karena harganya yang cukup tinggi, bahkan bisa saja sebanding dengan satu porsi makanan berat yang dijual di restoran mewah. Akhirnya, camilan kurang sehat yang dijajakan di pinggir jalan menjadi pilihannya.

Namun, ketika ingin ngemil ternyata tidak cukup dengan hanya memilih camilan yang sehat saja. Tapi juga harus memilih waktu yang pas buat menyantap camilan. Tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu dan secara sembarangan. Misalnya saja sesudah makan berat, usai bangun tidur, dan sebelum tidur.

Seperti yang diterangkan oleh Ahli Gizi Widya Fadila, waktu paling tepat untuk menikmati camilan adalah di waktu-waktu pertengahan. Maksudnya di jam 10 – 11 pagi dan 3-4 sore.

Baca Juga  8 Khasiat Dahsyat Buah Pisang Untuk Kesehatan

“Untuk malam hari, maka camilan tidak direkomendasikan. Namun jika kepengen, alangkah baiknya mempertimbangkan berapa banyak jumlah kalori yang telah anda konsumsi sebelumnya. Jika dirasa masing bisa, monggo,” ujar Widya Fadila, melansir dari Okezone.

Widya kembali menerangkan, alasan mengapa jam-jam pengganjel itu sangat cocok untuk ngemil yaitu karena tubuh tak bisa berhenti bergerak. Dengan adanya minuman atau asupan makanan sehat yang masuk, bisa memberikan tubuh energi agar tetap fit dan tidak lemas.

Yang harus diperhatikan yaittu jumlah asupan camilannya. Widya menjelaskan, tubuh manusia normal memerlukan 2000-2150 kalori dalam sehari. Nah, 10%-15% itu merupakan jumlah asupan dari camilan yang bisa ditoleransi.

“ Jenis camilan yang baik akan menentukan bagaimana pengaturan kebutuhannya. Semakin sehat dan baik camilan yang dikonsumsi, risiko kesehatan juga semakin terhindari,”. Tambah Widya.

Baca Juga  Ini Dia 3 Masalah Kesehatan yang Berpotensi Menyerang Orang Terlalu Kurus

Sementara itu, diperlukan pengecekan terlebih dahulu untuk menentukan beberapa banyak jumlah aklori yang dibutuhkan oleh tubuh, sebab masing-masing orang berbeda. Sehingga, sebelum keluar angka kebutuhan kalori, data seperti jenis kelamin, usia, dan aktivitas harian wajib disampaikan kepada ahli gizi. “ Agar jumlah kalori tepat dan menjadikan tubuh lebih sehat dan fit,” pungkas Widya.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar