Cara Kemudikannya Bagaimana? Saat Mobil Ini Cuma Punya Satu Pedal

Wikimedan.com, Yokohama – Cara Kemudikannya Bagaimana? Saat Mobil Ini Cuma Punya Satu Pedal.  Mobil yang memiliki tiga pedal sudah biasa kita lihat yaitu mobil dengan transmisi manual. Mobil berpedal dua juga bukan hal yang umum lagi karena setiap mobil yang mengusung transmisi otomatis pasti memiliki dua pedal.

Bagaimana kalau single pedal alias satu pedal? Sepertinya itu merupakan salah satu hal baru. Satu pedal tersebut memiliki dua fungsi yaitu bisa berakselerasi dan juga menurunkan kecepatan. Teknologi tersebut baru dikenalkan oleh salah satu produsen mobil asal Jepang, Nissan.

Nissan akan mengusung teknologi satu pedal pada mobil listriknya, Leaf model 2018. Teknologi yang dinamakan e-Pedal itu bisa menaikkan dan menurunkan kecepatan dalam satu pijakan kaki saja. Jika pedal diinjak maka mobil akan terus menambah akselerasinya, sementara jika kaki kita lepas dari pedal maka kecepatannya akan turun.

Teknologi e-Pedal ini seperti regenerasi sistem pengereman pada mobil yang bisa mengubah energi kinetik menjadi tenaga sehingga bisa disimpan untuk mengisi baterai.

“Dengan e-Pedal pengendara bisa menambah laju kecepatan mobil, memperlambat, dan juga berhenti dengan hanya satu pedal. Teknologi ini merupakan satu-satunya di dunia, bahkan saat jalanan menanjak tajam mobil benar-benar bisa berhenti tetap di posisi tersebut dan melanjutkan lagi berkendara seperti biasanya,” tulis Nissan dalam siaran persnya.

Baca Juga  Akan Masuk Indonesia, Toyota Voxy Dirias Lebih Keren