Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter

Berita medan – Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter .

Cara Diet Yang Baik harus anda coba ditengah banyaknya cara diet yang beredar di masyarakat. Kebanyakan orang menginginkan penurunan berat badan dengan cepat sehingga mereka memilih diet yang dianggap bisa cepat memberikan efek seperti diet rendah karbohidrat, detox dan lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah benar-benar teruji? Memang terkadang bisa memberikan hasil dengan penurunan berat badan yang cepat tetapi setelah diet berat badan bisa kembali seperti semula. Kita akan membahas tentang cara diet yang tepat dan baik dibawah ini!!

1. Kurangi Konsumsi Lemak

Untuk mengurangi jumlah lemak yang anda makan, anda bisa menghilangkan lemak yang terdapat di daging, memilih minum susu rendah lemak daripada yang full fat, memilih jenis olesan yang rendah lemak dan mengganti penggunaan krim dengan yoghurt rendah lemak. Bahan makanan lain yang rendah lemak namun tinggi protein adalah kacang-kacangan dan tahu.

Berikut beberapa tips memasak untuk mengurangi kandungan lemak:

  • Makanan berkuah bisa didinginkan terlebih dahulu di dalam kulkas agar lemak yang mengeras dipermukaannya bisa dihilangkan.
  • Sebaiknya daging dimasak dengan cara dibakar, direbus, atau dipanggang agar lemak bisa terlepas dari daging. Jangan digoreng.
  • Pilih perasan lemon, bumbu dapur atau herbal lain untuk ditambahkan pada sayuran daripada memakai keju, mentega, atau krim.

Saat anda makan diluar, pilihlah makanan seperti ikan atau ayam yang direbus maupun  dipanggang. Hindari makanan yang digoreng, di tumis, maupun yang mengandung mentega, krim, dan margarin. Apabila anda memesan salad, pilihlah dressing yang rendah lemak. Dan untuk dessert, anda bisa memilih buah, sorbet, atau frozen yogurt daripada es krim atau cake.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Lambat Dicerna

Contohnya seperti gandum, beras cokelat dan pasta. Makanan tersebut dicerna lebih lambat daripada makanan yang berbahan gandum putih, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Seorang pakar mengatakan bahwa anda bisa merasakan manfaat dari wholegrain kira-kira setelah dua minggu mengonsumsinya. Salah satunya adalah terhindar dari konstipasi karena wholegrain memiliki serat yang tinggi.

Namun ada beberapa jenis wholegrain yang perlu diperhatikan karena justru kurang baik dikonsumsi saat diet. Jenis wholegrain yang baik adalah beras cokelat, oat, barley dan buckwheat yang belum diproses menjadi tepung. Wholegrain tersebut hanya memiliki 500 kalori per pound. Jadi anda tak perlu khawatir akan kelebihan kalori saat makan hingga kenyang.

Jenis wholegrain yang kurang baik untuk diet adalah yang sudah mengalami proses menjadi tepung. Wholegrain ini biasanya sudah diolah menjadi roti seperti bagel maupun cracker. Kandungan kalorinya menjadi meningkat antara 1200-1500 untuk roti dan 1600-1750 untuk cracker. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bentuk “basah” dan “kering”. Wholegrain yang sudah melalui proses penggilingan termasuk dalam bentuk “kering” seperti cracker atau sereal. Sebaliknya, wholegrain yang tidak melalui proses penggilingan seperti oat atau beras cokelat yang dimasak dengan menggunakan air sehingga menjadi “basah”. Wholegrain “basah” cocok digunakan untuk diet karena mampu mengenyangkan perut tanpa adanya tambahan kalori

Baca Juga  Mengatasi Munculnya Iklan di Perangkat Ponsel Baru

3. Jangan Melewatkan Sarapan

Sarapan yang sehat akan memberikan anda energi yang dibutuhkan untuk memulai hari anda dan ada beberapa penelitian yang membuktikan orang yang membiasakan sarapan setiap hari jarang mengalami kenaikan berat badan. Mengapa? Salah satu teori mengatakan bahwa makan makanan bergizi saat sarapan bisa mengurangi rasa lapar dalam sehari dan membantu anda memilih makanan yang lebih baik saat makan nanti. Mungkin anda mengira dengan melewati sarapan anda bisa mengurangi asupan kalori, namun ini tidak begitu efektif. Biasanya, rasa lapar didapat karena melewatkan sarapan sehingga nantinya orang akan makan lebih banyak saat makan siang dan selanjutnya.

Manfaat lain dari sarapan adalah menurunkan resiko obesitas dan resistensi insulin yang keduanya merupakan tanda awal dari gejala diabetes. Mengkonsumsi sarapan setiap hari bisa menurunkan resiko tersebut hingga 50%

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Berikut adalah 5 alasan untuk makan lima porsi buah dan sayuran :

  1. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk asam folat, vitamin C, dan potassium.
  2. Mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah konstipasi maupun penyakit pencernaan lain. Diet dengan tinggi serat juga bisa menurunkan resiko kanker usus.
  3. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan kanker lainnya.
  4. Buah dan sayur berperan penting dalam diet yang sehat dan seimbang.
  5. Buah dan sayur memiliki rasa yang enak dan terdapat berbagai macam varietas.

Mengkonsumsi Buah dan SayuranBuah dan sayur juga rendah lemak dan kalori. Karena itu, makan buah dan sayur bisa mengontrol berat badan dan menjaga jantung tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam sehari, pembagian lima porsi mengharuskan penggunaan buah dan sayuran yang bervariasi.

Hal ini dikarenakan buah dan sayuran memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang berbeda. Hampir semua jenis buah dan sayur bisa digunakan dalam lima porsi sehari. Sebagai pengecualian adalah kentang, ubi, dan singkong karena mengandung zat tepung. Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar. Pilihan lainnya adalah dengan dibuat jus atau smoothie.

Baca Juga  Beberapa Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dengan Cepat yang Bisa Diterapkan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk melakukan diet lima porsi sehari :

  • Untuk sarapan anda bisa menambahkan buah seperti segenggam berry atau potongan pisang pada sereal dan yogurt rendah lemak. Anda juga bisa menambahkan jamur dan tomat pada telur dadar. Untuk mengonsumsi jus atau smoothie jangan menambahkan pemanis.
  • Selalu tambahkan sayur pada masakan favorit anda.
  • Sediakan juga salad atau sayur pendamping saat makan malam.
  • Buah bisa dikonsumsi sebagai pengganti cemilan yang tidak sehat.
  • Jangan malas untuk berbelanja buah dan sayur.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Apabila anda ingin mengemil, cobalah untuk minum terlebih dahulu seperti minum segelas air putih atau secangkir teh. Seringkali kita mengira bahwa kita lapar padahal sebenarnya kita haus.

Berikut ini adalah Manfaat air hangat untuk diet

  • Air putih dapat menambah energi saat berolahraga
  • Air putih bisa meningkatkan metabolisme
  • Air putih bisa membantu mengatasi rasa lapar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisa saja kita keliru mengira rasa lapar sebagai rasa haus
  • Air putih meningkatkan tenaga kita
  • Konsumsi air putih membuat kita menghindari minuman yang lain
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Menjaga kinerja organ ginjal
  • Menghaluskan kulit tubuh

6. Minum Air Putih Tiap Dua Jam Sekali

Apabila anda hanya minum air putih hanya pada saat anda haus tentu tubuh anda akan mengalami lemas yang disebabkan kurangnya cairan tubuh. Aturan yang dipakai untuk mengukur kebutuhan cairan tubuh adalah dengan melihat warna urine anda. Apabila urine berwarna kuning gelap itu merupakan tanda tubuh kekurangan cairan. Agar urine berwarna kuning cerah atau jernih yang merupakan indikator baik, penting untuk minum segelas air putih saat bangun tidur dan tiap dua jam. Saat setelah anda buang air kecil, sebaiknya minum segelas air untuk mengganti cairan tubuh.

7. Tambahkan Rasa Pada Air Putih

Air putih tidak memiliki rasa apapun dan banyak yang tidak menyukainya karenanya. Namun, ada alternatif sehat yang bisa dilakukan untuk menambahkan rasa pada air putih. Penggunaan pemanis buatan sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan respon pada bagian otak tertentu yang bereaksi pada gula sehingga bukannya memberi efek penurunan berat badan yang terjadi malah kenaikan berat badan. Pemberian rasa alami bisa dilakukan dengan menambahkan perasan lemon dan buah lain seperti raspberry untuk mengurangi rasa kecut dari lemon.

Baca Juga  Benarkah Minum Kopi Dapat Memperpanjang Usia?

8. Infused water

infused waterPenambahan buah dan sayuran bisa menambah rasa pada air putih. Infused water dengan buah atau disebut agua fresca adalah menambahkan irisan buah seperti jeruk, grapefruit, raspberry, jeruk nipis, lemon, bahkan semangka ke dalam sebotol air lalu didiamkan di kulkas.

Penting untuk menunggu agar air dan buah bisa tercampur. Ini merupakan alternatif terbaik untuk menambahkan rasa pada air putih. Berikut cara membuat infused water.

Bahan – bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 4 lembar daun mint
  • 4 buah strawberry
  • 500 cc air putih

Cara Membuat :

  1. Cuci jeruk nipis, daun mint, dan juga strawberry
  2. Lalu iris semua bahan menjadi ukuran yang lebih kecil
  3. Kemudian siapkan tempat minum anda
  4. Masukkan 500 cc air putih dan juga buah dan telah di iris
  5. Simpan dalam kulkas selama 2 jam dan infused water siap untuk diminum

 

9. Sparkling Water

Sparkling, atau yang biasa dikenal dengan air putih berkarbonasi juga merupakan alternatif bagi orang yang sedang diet tetapi ingin minum minuman bersoda tanpa khawatir akan kandungan kalori yang tinggi. Apabila anda sedang menjalani diet rendah garam dan ingin mencoba sparkiling water, sebaiknya cek kandungan sodium yang terdapat dalam minuman, terlebih apabila anda sedang menurunkan berat badan. Namun apabila anda menderita sindrom iritasi pencernaan sebaiknya hindari konsumsi sparkling water karena dapat memperburuk kondisi karena pelepasan CO2 yang menyebabkan kembung dan produksi gas meningkat

10. Hindari Minuman Bersoda

Maksudnya adalah dengan minuman yang rendah gula, lemak dan alkohol. Ganti minuman bersoda dengan sparkling water yang diberi irisan lemon. Jangan lupa bahwa alkohol mengandung kalori yang tinggi, jadi menghentikan minum minuman beralkohol bisa membantu anda mengontrol berat badan.

Bagian Kesehatan Masyarakat Harvard melaporkan bahwa peningkatan konsumsi minuman tinggi gula merupakan kontibutor besar terhadap obesitas epidemik. Minuman tinggi gula seperti coca-cola, sprite, dan fanta, merupakan salah satu penyebab obesitas terutama pada anak-anak. “Perusahaan minuman di Amerika Serikat menghabiskan kira-kira 3,2 milyar dollar untuk memproduksi minuman bersoda di tahun 2006, dimana hampir setengah milyar ditujukan untuk konsumen usia 17 tahun ke bawah.”, menurut Harvard.

Cara Diet Yang Baik, Benar dan Tepat Menurut Dokter

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Incoming search terms:

Silahkan komentar