Benarkah Setelah Makan Tidak Boleh Berenang?

Wikimedan – Bernarkah setelah makan tidak boleh berenang? Ini dia yang sering menjadi bahan pertanyaan bagi sebagian orang yang hobi berenang. Banyak sekali opini yang menyatakan bahwa setelah makan tidak boleh langsung berenang karena dapat membahayakan nyawa kita.

 

Berenang merupakan kegiatan yang disukai oleh sebagian orang, selain untuk melatih kelenturan otot berenang juga dapat menyehatkan tubuh. Apalagi untuk anak kecil yang sukar sekali bermain air, bukan tidak mungkin bahwa rasa ingin bisa berenang mereka lebih besar karena keingintahuannya. Namun terkadang ada kendala yang membuat mereka menjadi enggan untuk berenang yaitu setelah makan tidak boleh langsung berenang. Nah, anjuran seperti ini biasanya seringkali terlontar dari orang tua, alhasil anak menjadi takut untuk berenang dan enggan untuk berenang. Sehingga sampai saat ini semua orang meyakini bahwa setelah makan apabila langsung berenang dapat membahayakan diri kita. Apakah pernyataan tersebut benar atau kah hanya opini orang-orang iseng saja?

 

Banyak ahli yang menyatakan bahwa setelah makan langsung melakukan kegiatan renang tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Hanya saja, makanan yang ada diperut kita belum tercerna dengan baik, sehingga terkadang ada yang mengalami perut mual, kram dan ada yang sampai muntah. Maka dari itu, lakukan pemanasan sebelum berenang supaya hal itu tidak terjadi atau bisa juga setelah makan tunggu hingga beberapa menit sampai perut terasa tenang dan rasa kekenyangan mulai sedikit hilang.

 

Adapun peneliti lain yang menjelaskan bahwa kemungkinan bahaya itu kecil apabila setelah makan langsung berenang. Hanya saja, perut menjadi kram akibat terlalu bersemangat pada saat belum melakukan pemanasan sebelum berenang.

 

Baca Juga  Wajib Tahu! 5 Kebiasaan Sehari hari yang Ternyata Bisa Merusak Otak

Sehingga ada pernyataan mengerikan bahwa setelah makan langsung berenang dapat menyebabkan kematian. Wah, benar-benar mengerikan, tapi jangan langsung percaya dengan pernyataan semacam ini. Selama ini belum ada riset yang menyatakan bahwa kejadian itu benar terjadi, bahkan buktinya pun tidak ada.

 

Bernarkah setelah makan tidak boleh berenang? Ternyata selama ini hanyalah opini yang sengaja dibuat untuk alasan tertentu. Mulai dari sekarang hilangkan mindset yang seperti itu. Tidak ada hal yang berbahaya apabila orang tersebut mahir dalam berenang dan kemungkinan kecil bisa menyebabkan kematian hanya karena setelah makan langsung berenang hanya 1% dari 99% perbandingannya.

 

Pada dasarnya semua hal yang berhubungan dengan setelah makan akan tertuju pada gangguan perut. Bukan hanya berenang saja, kadang setelah makan langsung olahraga perut kita menjadi sakit, kalau yang kata orang jawa bilang ‘sengkil’ tidak tau bahasa dari kalian masing-masing apa. Adapun setelah makan langsung lari-lari itu bisa membuat orang menjadi muntah. Seperti alasan yang tadi dengan permasalahan yang sama. Intinya semua makanan yang baru saja kita telan harusnya biarkan tercerna lebih dulu, supaya dapat diserap oleh tubuh dan menjadi energi.

 

Bernarkah setelah makan tidak boleh berenang? Sekali lagi boleh. Sedikit saran untuk Anda semua bagi yang hobi renang maupun masih dalam tahap belajar berenang. Jika hendak berenang boleh makan untuk menambah energi Anda sebelum melakukan olahraga supaya tubuh tidak mudah lelah. Tapi, sebelum itu tunggulah makanan yang baru saja simakan tercerna dengan baik, baru setelah itu lakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit supaya pada saat berenang tidak terjadi kram. Hanya untuk berjaga-jaga mengantisipasi sebelum hal yang buruk terjadi.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!
Baca Juga  Kamu Adalah Penderita Diabetes ? Sebaiknya Hindari 4 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Kambuh

Silahkan komentar