Benarkah Mengkonsumsi Karbohidrat di Waktu Tertentu Bisa Membakar Lebih Banyak Lemak?

mengonsumsi karbohidrat sebelum olahraga

Image by: blog.dentonregional.com

Berita medan – Benarkah Mengkonsumsi Karbohidrat di Waktu Tertentu Bisa Membakar Lebih Banyak Lemak? Karbohidrat seringkali mendapatkan reputasi buruk sebagai salah satu faktor penyebab kegemukan. Oleh karena itu, banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat demi mendapat berat badan yang ideal.

Faktanya, karbohidrat adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi, untuk tetap bersemangat dan berenergi. Mendapatkan asupan karbohidrat juga sangatlah mudah.

Sehingga, mengkonsumsi karbohidrat favorit seperti pasta dan nasi, tidak akan memberi efek buruk meskipun anda sedang diet, dengan catatan mengonsumsinya di waktu yang tepat.

Dari pernyataan di atas, kita bisa menyimpulkan jika mengkonsumsi karbohidrat di waktu tertentu, tidak masalah dan bahkan membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. Waktu terbaik mengkonsumsi karbohidrat antara pria dan wanita berbeda.

Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan Universitas Surrey menemukan jika pria makan karbohidrat sesudah olahraga, maka tubuhnya akan membakar lemak lebih banyak dalam 3 jam setelah latihan, dibandingkan pria makan karbohidrat sebelum berolahraga.

Artinya, karbohidrat dapat menjadi sahabat baik jika pria mengonsumsinya setelah olahraga moderat minimal selama 50 menit atau sesudah latihan HIIT.

Sementara itu bagi kaum wanita justru sebaliknya, makanlah asupan karbohidrat 1 jam sebelum olahraga selama 40 menit ataupun sebelum latihan HIIT, supaya pembakaran lemak bisa lebih banyak.

Untuk mengonfirmasi hasil ini, para periset bekerja sama dengan acara kesehatan BBC Trust Me.

Dalam penelitian ini, subjek wanita dan pria mengambil 3 kelas latihan, yaitu berlari, HIIT, dan Zumba, secara rutin setiap minggu dalam jangka waktu satu bulan dan mengkonsumsi ramuan karbohidrat sesudah dan  sebelum latihan.

Hasilnya pun tidak berbeda, pria yang mengkonsumsi karbohidrat sesudah latihan dan wanita yang mengkonsumsi sebelum latihan, bisa membakar lemak lebih banyak. Dengan demikian, lemak di dalam tubuh tidak akan tertimbun.

Baca Juga  4 Makanan Ini Nyatanya Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut penulis penelitian Adam Collins, Ph.D., ada banyak sekali bukti jika untuk pria, olahraga tanpa asupan karbohidrat bisa menciptakan adaptasi otot dalam membakar lebih banyak lemak.

Namun supaya latihan tetap berenergi, konsumsilah sedikit karbohidrat yang berasal dari buah, seperti pisang atau apel kemudian dilanjut minum protein 1 jam sebelum melakukan olahraga.

Itulah sedikit artikel tentang Mengkonsumsi Karbohidrat di Waktu Tertentu Bisa Membakar Lebih Banyak Lemak . Semoga bermanfaat.