Begini Cara Masak Telur yang Benar Untuk Mencegah Diabetes Dan Kanker

Begini Cara Masak Telur yang Benar Untuk Mencegah Diabetes Dan Kanker

cara memasak telur yang benar

Image by: recipes.sparkpeople.com

Wikimedan – Siapa bilang risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker hanya bisa dikurangi dengan diet atau menurunkan berat badan?.

Nyatanya anda bisa menurunkan semua penyakit kronis tersebut dengan cara mengonsumsi telur.

Selain mengatasi penyakit kronis, masih ada banyak sekali manfaat telur yang bisa anda rasakan. Membuat tubuh lebih bertenaga untuk menjalankan aktifitas, bahkan mengonsumsi 2 butir telur sehari sangatlah baik.

Hal ini diungkapkan oleh Rob Hobson, seorang Kepala nutrisi dan penulis dari Healthspan The Detox Kitchen Bible. Menurutnya, telur merupakan makanan kaya akan kandungan gizi dan bisa mengurangi risiko mengalami radang pembuluh darah.

 “Telur mengandung banyak protein, dan menjadi satu-satunya makanan dengan kandungan Vitamin D, mineral, dan sumber semua vitamin,” ungkapnya, mengutip dari Express.

Dia juga menambahkan, apabila di dalam telur terkandung beta karoten dan antioksidan kolin yang bisa mengurangi kerusakan sel diakibatkan serangan radikal bebas.

Cara memasak telur juga sangat mudah. Anda bisa menggoreng, merebus, sampai bisa mengonsumsinya mentah.”Hebat sekali, bukan?”

“Akan tetapi, hindari memasak telur dengan banyak mentega, minyak, atau krim ketika anda memperhatikan berat bada,” ungkapnya.

Ahli gizi lain yaitu Jeraldine Curran, mengungkapkan jika kita sebaiknya mengonsumsi telur dadar atau frittata yang dimasak bersama dengan beberapa jenis sayuran.

“Masaklah dengan suhu rendah supaya tak berpotensi memicu radikal bebas.”

Yang paling penting, catat Ricky Hay, seorang ahli nutrisi menyarankan agar telur dimasak sampai matang sehingga mengurangi risiko terbentuknya bakteri salmonella.

Telur adalah makanan yang baik, maka dari itu cara memasaknya juga harus tepat. Jika kita memasaknya dengan metode yang salah, bisa-bisa masalah kesehatan yang justru timbul. Jika tidak ingin demikian, sebaiknya anda mengonsumsi telur rebus.

Baca Juga  4 Tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Telur rebus memiliki jumlah gizi yang jauh lebih banyak dibandingkan anda memasaknya dengan digoreng. Telur goreng yang dimasak menggunakan banyak mentega atau minyak tentu saja bisa mengurangi gizi di dalamnya.

Berbeda dengan telur rebus, kita bisa mendapatkan gizi yang maksimal karena tidak ada bahan campuran yang masuk kedalamnya. Itulah cara masak telur yang benar untuk mencegah diabetes . Bagaimana? mudah bukan?