Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1 Persen Tahun Ini

Wikimedan.com. Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1 Persen Tahun Ini . PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memproyeksikan  pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 mencapai 5,1 persen. Proyeksi ini sejalan dengan Bank Dunia yang sebelumnya juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada angkia yang sama.

Sementara itu, pada tahun 2018 mendatang, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi mencapai 5,3 persen. Inflasi indeks harga konsumen (IHK) tahun 2017 diproyeksikan mencapai 3,7 persen dan tahun 2018 mencapai 3,6 persen.

“Kami merevisi inflasi menjadi 3,7 persen, terakhir di 3,72 persen,” kata Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Hermanto Gunawan dalam paparan Outlook Makroekonomi Kuartal III 2017 di Plaza Mandiri, Rabu (4/10/2017).

Anton menjelaskan, revisi proyeksi inflasi tersebut didasarkan kepada keputusan Bank Indonesia (BI) yang bulan lalu secara mengejutkan kembali menurunknan suku bunga acuan BI 7-day Repo Rate. Saat ini, suku bunga acuan BI berada pada posisi 4,25 persen.

Menurut Anton, pihaknya memandang belanja pemerintah masih akan menjadi sumber pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ia menyebut, belanja pemerintah diekspektasikan bakal terakselerasi.

Peluang lainnya adalah risiko fiskal relatif masih rendah pada tahun 2017. Anton menuturkan, peluang ini masih akan berlanjut di tahun 2018 mendatang.

Defisit transaksi berjalan diproyeksikan mencapai 1,7 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2017. Adapun pada tahun 2018, defisit transaksi berjalan diprediksi mencapai 2,5 persen terhadap PDB.

 

Nilai tukar rupiah hingga akhir tahun 2017 ini diprediksi mencapai Rp 13.400 per dollar AS. Pada tahun 2018 mendatang, nilai tukar rupiah diproyeksikan mencapai Rp 13.200 per dollar AS.

Anton menuturkan, meskipun nilai tukar rupiah dalam beberapa hari terakhir mengalami pelemahan yang cukup tajam, namun pelemahan tersebut bersifat sementara. Pada akhirnya, rupiah akan kembali ke kisaran normalnya.

“Rupiah walaupun kemarin banyak tekanan dan sampai melemah, kami yakin akan berbalik,” ujar Anton.

Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1 Persen Tahun Ini .