6 Makanan Ini Yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Wikimedan6 Makanan Ini Yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Susu adalah salah satu minuman yang mengandung banyak sekali gizi. Di dalamnya terkandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga tidak heran apabila susu disebut-sebut sebagai sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Sayangnya, sebagian orang mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu dan ada juga yang tidak menyukainya. Namun tidak perlu khawatir, karena masih ada makanan lain yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kalsiaum harian anda.

Mengutip dari laman Times of India, berikut ini daftar makanan yang kaya akan kandungan kalsium.

  1. Kacang almond

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, anda tidak hanya bisa mendapatkannya dari susu saja, ternyata kacang almond bisa menjadi alternatifnya. Untuk mendapatkan kandungan kalsium dalam kacang almond, anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk susu.

Cukup dengan 1 gelas per hari, maka kebutuhan kalsium dan gizi anda sudah terpenuhi.

  1. Susu kedelai

Bagi penderita intoleransi laktosa, nampaknya susu kedelai bisa menjadi alternatif terbaik. Tidak kalah dengan susu sapi, susu kedelai justru mengandung lebih banyak kalsium dan protein.

  1. Ikan

Sumber kalsium yang sangat baik dari kalangan ikan, adalah ikan salmon dan ikan sarden. Anda bisa memperoleh kedua ikan tersebut dalam bentuk panggang ataupun masih berupa ikan segar. Menikmatinya bersama salad dan sayuran juga terasa lebih spesial, dan mendatangkan banyak nutrisi bagi tubuh.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sebaiknya selalu anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari untuk memeunhi kebutuhan kalsium harian. Salah satunya adalah bayam, di dalam satu porsi bayam terkandung 100 mg kalsium.

Tidak hanya bayam, sayuran hijau lainnya juga memiliki kalsium yang tinggi.

  1. Kacang polong

Di dalam kacang-kacangan terkandung protein dan kalsium yang sangat tinggi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang menawarkan kalsium tinggi adalah kacang polong. Silahkan konsumsi kacang polong secara rutin agar kebutuhan kalsium harian anda selalu terpenuhi.

  1. Jeruk

Tidak hanya dikenal sebagai buah sumber Vitamin C paling besar, ternyata di dalam jeruk anda juga bisa mendapatkan kandungan kalsium cukup tinggi. Kandungan kalsium tersebut bermanfaat untuk memperkuat tulang anda.

Baca Juga  4 Makanan yang Akan Membantu Proses Penyerapan Vitamin Lebih Cepat

Mengonsumsi jeruk juga bukanlah hal yang sulit, sebab rasanya yang segar sehingga cocok dikonsumsi kapan saja. Itulah 6 Makanan Ini Yang Mampu Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian . Semoga bermanfaat