5 Makanan Yang Membuat Jerawat Timbul

makanan yang harus dihindari penderita jerawat

 

Image by: shape.com

Wikimedan – 5 Makanan Yang Membuat Jerawat Timbul

Walaupun penyebab pasti timbulnya jerawat sampai saat ini masih belum diketahui, akan tetapi beberapa faktor seperti stres, hormon dan makanan yang dikonsumsi diperkirakan menjadi penyebabnya.

Ada beberapa makanan yang dipercaya mampu memicu timbulnya jerawat di wajah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Archives of Dermatalogy pada tahun 2002 mengungkapkan bukti kuat, jika makanan tertentu bisa menimbulkan jerawat.

Teori yang digunakan adalah karbohidrat berlebih yang dikonsumsi akan menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi sebum.

Lantas, makanan apa saja yang bisa menimbulkan jerawat?. Simak penjelasannya berikut ini, seperti yang dilansir dari Onlymyhealth.

  1. Keju

Seperti yang diungkapkan di dalam Journal of American Academy of Dermatalogy, sebagian besar wanita yang rutin mengonsumsi produk susu dan olahannya semisal keju, mempunyai risiko terkena jerawat lebih besar. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 ini melibatkan sekitar 47.355.

  1. Sushi

Hayo ngaku, siapa yang menyukai olahan khas Jepang ini? Anda mungkin adalah salah satunya. Perlu diketahui, jika sushi memiliki banyak kandungan iodida yang dapat memicu munculnya jerawat.

  1. Kentang goreng

Jika anda tidak ingin wajah dihiasi oleh jerawat, sebaiknya tinggalkan makanan yang satu ini. Di dalam kentang goreng, terkandung beberapa komponen yang bisa memicu jerawat.

  1. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, sensasi pedas yang ditimbulkannya sangatlah menggoyang lidah dan begitu nendang. Ternyata, selain membuat perut sakit, makanan pedas juga bisa mempengaruhi kondisi kulit, salah satunya memicu jerawat.

  1. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang mengandung tinggi gula, dan menjadi favorit semua orang. Rasanya yang manis, sangatlah cocok dijadikan cemilan. Bahkan, coklat juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, dengan catatan jumlah konsumsi yang sesuai.

Baca Juga  4 Makanan Ini Nyatanya Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol

Di sisi lain, cokelat ternyata juga bisa meningkatkan respon inflamasi pada tubuh dan produksi sebum, tidak heran jika cokelat sering merangsang munculnya jerawat.

  1. Susu

Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 4.273 remaja laki-laki, berhasil menemukan hubungan antara jerawat dan susu. Susu dipercaya mampu memperbanyak jumlah kelenjar minyak, karena memiliki kadar tinggi hormon.

Itulah sedikit tentang 5 Makanan Yang Membuat Jerawat Timbul . Semoga bermanfaat bagi kamu semua