4 Makanan Ini Mengandung Indeks Glikemik Sangat Tinggi

Berita medan – 4 Makanan Ini Mengandung Indeks Glikemik Sangat Tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak disarankan bagi orang yang sedang diet atau orang dengan gejala prediabetes. Penyebabnya, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menaikkan kadar gula darah dalam sekejap.

Bagi orang yang memiliki gejala diabetes ataupun yang sedang diet, mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi sangat tidak disarankan. Alasannya, karena makanan dengan kandungan glikemik tinggi bisa menaikan kadar gula darah sangat cepat.

Mungkin yang kita ketahui selama ini hanya junk food saja, padahal maish ada beberapa makanan lain yang tidak kalah tinggi kandungan glikemik di dalamnya. Mau tau apa sajakah itu?, simak ulasannya berikut ini.

  1. Bubur

dr Fiastuti Witjaksono, SpGK(K) mengungkapkan jika nasi putih termasuk makanan yang mengandung indeks glikemik cukup tinggi. Kandungan glikemik itu akan meningkat berkali-kali lipat ketika diolah menjadi bubur.

“Nasi jika dimasak akan menjadi hancur, menjadi bubur, lebih mudah diserapnya, jadi gulanya tiba-tiba bisa menjadi tinggi. Jika anda ingin mengonsumsi makanan lembek sebaiknya memilih havermut dengan indeks glikemik lebih rendah,” ujar dr Fiasturi.

  1. Buah tanpa kulit

Beberapa jenis buah-buahan ternyata mengandung indeksi glikemik tinggi ketika dikonsumsi tanpa kulitnya. Misalkan saja adalah sawo, mangga, kelengkeng, dan rambutan.

“Kelengkeng dan sawo itu rasanya manis banget. Sebaiknya anda mengkonsumsi buah yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti pir atau apel, sebab kulitnya memiliki kandungan serat yang akan memperlampat proses penyerapan gula,” ujar dr Fiastuti.

3.Kentang

Kentang dikenal sebagai pengganti nasi yang berperan sebagai sumber karbohidrat tinggi. Namun nyatanya, kentang juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung glikemik sangat tinggi dengan nilai di atas 90.

Baca Juga  Siapa Bilang Penderita Maag Tidak Bisa Diet? Ini dia Tips Aman dan Sehat yang Harus Anda Ketahui

4.Cornflake

Meskipun cornflake dibuat dari jarung, akan tetapi cornflake juga termasuk makanan yang mengandung indeks glikemik cukup tinggi. Hal ini disebabkan cornflake yang saatini beredar dipasaran telah diproses dan memperoleh banyak sekali kalori dan gula tambahan.

Setelah mengetahui apa saja makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, mulai sekarang anda harus menghindarinya. Khususnya pelaku diet dan penderita diabetes.

Itulah rangkuman tentang 4 Makanan yang Mengandung Indeks Glikemik Sangat Tinggi