3 Manfaat Luar Biasa yang Terkandung di Dalam Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Berita medan – 3 Manfaat Luar Biasa yang Terkandung di Dalam Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Indonesia mempunya berbagai macam jeruk lokal, misalnya saja jeruk Sambas dari Pontianak. Buah berwarna orange ini memiliki kandungan serat dan Vitamin C yang sangat tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Musanif, Kepala Dinas Pertanian buah jeruk seperti Jeruk Sambas mempunyai manfaat untuk memenuhi gizi seseorang. Mengonsumsi buah seperti jeruk, mampu membantu memenuhi kebutuhan gizi semua masyarakat.

Ingin mengetahui apa saja manfaat buah jeruk?, simak penjelasan berikut ini.

  1. Mencegah penyakit kanker

Menurut studi yang dipublikasikan pada American Journal of Epidoemiology, makan buah pisang, jeruk, dan juga jus jeruk dalam 2 tahun pertama kehidupan bisa menurunkan risiko perkembangan leukimia.

Buah jeruk juga berperan sebagai sumber Vitamin C dan antioksidan, sehingga bermanfaat dalam memerangi proses pembentukan radikal bebas yang merupakan pemicu kanker. Jumlah Vitamin C yang dikonsumsi sehari-hari, ternyata juga berkaitan dengan menurunnya risiko kanker kolorektal.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit stroke

Seperti penjelasan American Heart Association, mengkonsumsi lebih banyak senyawa di dalam buah jeruk mampu menurunkan risiko terserang stroke iskemik bagi seorang perempuan. Stroke iskemik bisa terjadi pada sel-sel otak yang kekurangan nutrisi dan oksigen yang dikarenakan penyumbatan ataupun penyempitan di pembuluh darah ( arterioskklerosis ).

Bagi seorang wanita, risiko terkena stroke iskemik menurun drastis hingga 19% dibandingkan mereka yang tidak makan buah jeruk secara rutin.

  1. Menjaga sistem imun

Jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, jeruk menjadi rajanya yang kaya akan kandungan Vitamin C. Di dalam buah jeruk yang ukurannya sedang, terkandung kira-kira 72% Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga  10 Trik Belajar Efektif Dan Efisien Bagi Seorang Siswa

Vitamin C memiliki peranan penting sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan yang disebabkan serangan radikal bebas. Tidak cukup hanya disitu saja, Vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk juga sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itu tadi adalah segelintir manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat yang bisa anda temukan di dalam buah jeruk. Namun, 3 manfaat tadi sudah cukup kuat menjadi bukti bagaimana dahsyatnya kandungan dalam buah jeruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Facebook Comments
Terima kasih sudah mengunjungi website Wikimedan.com , dan membaca artikel dari kami. Silahkan klik artikel lainnya dibawah. Dan jangan lupa share ya!

Silahkan komentar